-->








Tiga Satuan Baru Jajaran Kodam Iskandar Muda Diresmikan

12 Agustus, 2020, 17.38 WIB Last Updated 2020-08-12T10:38:25Z

LINTAS ATJEH | ATJEH BESAR - Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M. meresmikan tiga satuan baru yakni Batalyon Infanteri 117 /Ksatria Yudha, Kodim 0119 /Bener Meriah dan Subdenpom IM/1-7 Bener Meriah di Lapangan upacara Yonif 117/KY, Rabu (12/08/2020). 

Upacara peresmian satuan baru tersebut ditandai dengan pembukaan selubung tunggul Yonif 117/KY, penyerahan Tunggul Yonif 117 kepada Danyonif 117/KY Letkol Inf Toni Setyo Widodo, pengambilan sumpah kepada para Komandan satuan dan penandatanganan Prasasti peresmian Batalyon 117/KY dan Kodim 0119/BM.

Adapun yang mengemban Komandan Kodim 0119/BM  Letkol Inf Valian sedangkan Dansubdenpom IM/1-7 Bener Meriah dijabat Lettu CPM Romi. 

Pangdam IM dalam amanatnya mengatakan, pembentukan ketiga satuan ini merupakan implementasi dari perencanaan strategis TNI Angkatan Darat khususnya Kodam Iskandar Muda dalam pembangunan kemampuan sekaligus upaya pengembangan kemampuan kekuatan dan gelar kekuatan Kodam Iskandar Muda. 

“Dengan adanya tiga satuan baru ini, diharapkan mampu mengambil langkah-langkah antisipatif dan preventif guna menghadapi berbagai  potensi ancaman yang mengganggu Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, " ucap Pangdam IM. 

Menurut Pangdam, Batalyon Infanteri 117/Ksatria Yudha memiliki tugas pokok,  mencari, mendekati, menemukan, dan menghancurkan musuh serta merebut menguasai dan mempertahankan medan di wilayah darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 012/Teuku Umar. 

Sedangkan Kodim 0109/Bener Meriah memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, gelar kekuatan dan pembinaan teritorial untuk menjaga dan menyiapkan wilayah pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 011/Lilawangsa. 

Selanjutnya yang menjadi tugas Subdenpom IM/1-7 Bener Meriah adalah menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum dan tata tertib dalam rangka mendukung tugas pokok militer untuk menegakkan kedaulatan negara. 

“Oleh karena itu, tingkatkan moril dan moral serta semangat juang sebagai prajurit, baik dalam hubungan perorangan maupun satuan sehinggan mampu menempatkan tugas diatas segala-galanya, sebab tugas adalah kebanggaan dan harga diri," pesan Pangdam IM. 

Dalam peresmian tersebut turut dihadiri Pejabat Utama Kodam IM, Forkopimda Aceh Besar, para Dansat, Ketua Persit KCK PD IM dan undangan lainnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini