-->

Iklan

BPN Aceh Tengah Terapkan Integrasi BPHTB Online

11 September, 2020, 22.46 WIB Last Updated 2020-09-11T15:46:07Z
LINTAS ATJEH | ACEH TENGAH - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah berhasil melakukan integrasi BPHTB secara online melalui penjajakan kerjasama dengan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Pengintegrasian BPHTB Online ini dapat memudahkan validasi data pada saat proses pengurusan dokumen pertanahan. Data yang lengkap diharapkan bisa meningkatkan pendapatan pajak dari sektor pertanahan sehingga target realisasi pajak Kabupaten Aceh Tengah bisa tercapai. Integrasi data dilakukan melalui sistem informasi dengan koneksi host to host. Dengan sistem ini, data BPHTB dapat dikirimkan berdasarkan permintaan BPN secara real time menggunakan web service. 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah, Husaini, SH., MH, menyampaikan bahwa BPHTB mempunyai peran strategis dan sangat berkontribusi penting bagi peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan pembangunan daerah. Hadirnya E-BPHTB dapat mengurangi kemungkinan manipulasi wajib pajak sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi pendapatan daerah yang diharapkan mengalami kenaikan.

BPHTB Online merupakan suatu terobosan teknologi dengan memanfaatkan sistem informatika sehingga dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya. Kegiatan host to host BPHTB antara Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah dilaksanakan dalam upaya meminimalisir pemalsuan dan optimalisasi pendapatan daerah dari sektor BPHTB serta dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang cepat, transparan, dan akuntabel. 

“Integrasi BPHTB online ini diharapkan bermanfaat bagi warga Aceh Tengah untuk meminimalkan permasalahan yang umum muncul saat pengurusan tanah sehingga meningkatkan minat warga untuk melegalkan status aset tanah yang dimilikinya dengan sertifikat,” jelasnya, Jum'at (11/09/2020).[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini