-->

Iklan

Peringati HANTARU ke-60, Kantah Aceh Tenggara Lakukan Berbagai Kegiatan

27 September, 2020, 13.44 WIB Last Updated 2020-09-27T07:08:41Z
LINTAS ATJEH | ACEH TENGGARA - Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang yang diperingati pada setiap tanggal 24 September merupakan hari yang penting dan bersejarah bagi seluruh karyawan/ti Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang ini memiliki singkatan yang tidak lain tidak bukan adalah HANTARU. 24 September 1960 merupakan momen kebangkitan Pertanahan di Republik Indonesia dikarenakan pada tanggal tersebut lahirlah Undang-Undang Pokok Agraria yang merupakan cikal bakal berdirinya Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan ditetapkan juga sebagai Hari Tani Nasional. Genap 60 tahun Agraria dan Tata Ruang hadir di Indonesia untuk memberikan kepastian hukum terhadap tanah yang dimiliki oleh rakyat Indonesia. Selama itu juga Agraria dan Tata Ruang turut serta dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi di Indonesia.

Momen HANTARU merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh insan pertanahan di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan momen HANTARU adalah momen perayaan ulang tahun Pertanahanan di Indonesia. Setiap Kantor Wilayah mengumpulkan seluruh karyawan/ti dari setiap satuan kerja di provinsinya untuk mengikuti upacara dan kegiatan kegiatan menarik dalam rangka perayaan HANTARU. Namun dikarenakan Pandemi Covid-19 kegiatan HANTARU pada tahun 2020 sedikit berbeda, tahun ini kegiatan Hantaru dilakukan secara Online. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia. 

Berdasarkan rilis media, Minggu (27/09/2020), rangkaian kegiatan HANTARU tahun 2020 dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara melalui aplikasi zoom meeting, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara beserta seluruh jajaran Kasi dan Kasubsi mengikuti upacara secara virtual yang diikuti juga oleh seluruh kantor pertanahan kabupaten/kota seluruh Indonesia dan dilanjutkan dengan mendengarkan pidato arahan dari Menteri Agraria/Tata Ruang, Sofyan A. Djalil.

Dalam pidatonya, Menteri berpesan bahwa kelak akan dilakukannya tranformasi digital tata ruang dan pertanahan. Saat ini adalah era digital kedepannya seluruh layanan pertanahan akan ditranformasikan di tahun 2024 di mulai dari 4 item yaitu HT elektronik, Roya elektronik, Cek bersih elektronik dan ZNT elektronik dan nantinya seluruh layanan 100% berbasis digital pada tahun 2024. 

Usai itu, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti acara Pencanangan Zona Integritas Kantor Wilayah Provinsi Aceh secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.
Di sisi lain Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara merayakan HANTARU dengan cara yang berbeda. Tahun ini,  Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara merayakan HANTARU dengan tiga kegiatan. Tiga kegiatan itu adalah pembagian masker di Jalan Raya Kutacane, pemberian sembako dan suplemen kepada para Purnabakti BPN di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara dan Pelayanan Antar Sertipikat ke rumah pemohon.

Kegiatan pembagian masker medis dilakukan di Pertigaan Jalan Ahmad Yani, Kutacane dipimpin langsung oleh Plt Kasubsi Pengukuran dan Pemetaan yaitu Armansyah Putra Pinim A.P. Kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Polres Aceh Tenggara melalui Satlantas dan Kodim Aceh Tenggara. Sebanyak 7 box masker medis dibagikan secara langsung kepada pengendara sepeda motor maupun mobil dan masyarakat sekitar pertigaan tersebut. Selanjutnya adalah kegiatan pembagian sembako dan suplemen kepada Purnabakti Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara. Sebanyak 5 paket diberikan kepada 5 orang Pensiunan Kantor Pertanahan. Kasi Pengadaan Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara, Mariana yang menjadi koordinator kegiatan ini. 
Pemberian sembako serta suplemen multivitamin ini merupakan bentuk terima kasih kepada para Purnabakti yang telah mengabdikan dirinya bertugas di Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara. Terakhir adalah kegiatan Pelayanan Antar Sertipikat ke rumah pemohon. Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang karyawan/ti Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Tenggara dan dikoordinasi langsung oleh Kasubsi Permohonan Hak Atas Tanah Wahid Nurhayat, S.H. 

"Kami berharap seluruh kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Aceh Tenggara. Sekali lagi kami seluruh karyawan/ti Kantor Pertanahan Kab. Aceh Tenggara mengucapkan  Dirgahayu UUPA ke 60. Semoga Pertanahan Indonesia semakin Jaya kedepannya," harapnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini