-->

Iklan

Perdana! Lagu Aceh Saban Sabee Masuk Nominasi AMI Awards 2020

22 Oktober, 2020, 17.09 WIB Last Updated 2020-10-22T10:10:28Z

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Masuknya Lagu Aceh berjudul Saban Sabe hasil arangement Group Band Keubitbit dalam nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards tahun 2020 membuka sejarah baru bagi nuansa seni musik asal provinsi berjuluk Serambi Mekah itu.


Tercatat lebih dari 2.900 karya musik bakal bersaing dalam ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 yang akan digelar 27 November mendatang, melonjak drastis meskipun di tengah pendemi Covid-19, dibanding tahun 2019 yang hanya sekitar 1.900-an karya.


Menjadi istimewa bagi group band asal Aceh Keubitbit Ethnic Music setelah mampu ambil bagian dalam nominasi apresiasi musik bergengsi level nasional, pada kategori Karya Produksi World Music Terbaik.


"Keubitbit berusaha menginovasikan musik berlatar tradisi pesisir Aceh dalam kemasan kontemporer dan modern sehingga bisa diterima banyak kalangan. Karya group musik etnik kontemporer ini juga menyampaikan pesan sosial, budaya dan persoalan kehidupan dari berbagai aspek," jelas Alul, Pendiri Group Band Keubitbit yang juga putra sulung Rafli Kande, seniman ternama Aceh.


Alul sendiri mengaku hijrah ke Jakarta sejak tahun 2011, dan mulai membentuk Keubitbit pada pertengahan 2014.


"Saya memilih mengembangkan seni musik Aceh dalam kemasan modern, setelah 2 tahun pindah ke Jakarta, yakni pada Juni 2014," ujarnya.


Mengenai lagu "Saban Sabe" yang mengantarkan seni musik Aceh mampu bersaing di AMI Awards tahun ini, merupakan karya Rafli Kande yang diaransemen ulang oleh Keubitbit dalam bentuk kontemporer.


"Lagu ini menjadi salah satu bentuk persatuan, dimana bila suatu persoalan dikerjakan bersama dan saling membantu akan memberikan kekuatan terhadap persatuan tersebut," pungkasnya, Kamis (22/10/2020).


Lagu asal Aceh tersebut berdasarkan penelusuran cyber bisa diakses pada berbagai platform digital (itunes, spotify, joox, dll) serta official music video terdaftar milik akun youtube Keubitbit.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini