-->

Iklan

Ini Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Sebagai Penangkal Covid-19

19 November, 2020, 05.12 WIB Last Updated 2020-11-18T22:49:33Z

ANGKA kasus terkonfirmasi virus coronavirus (Covid-19) secara global semakin naik dari hari ke hari. Tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, berolahraga dan cukup, tidur adalah kunci untuk menurunkan risiko terpapar.


Namun dalam mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi pandemi ini, minum vitamin dan suplemen saja tidaklah cukup. Pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Ada banyak jenis makanan penuh nutrisi yang mempunyai manfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh. Makananan peningkat daya tahan tubuh tersebut pun ternyata mudah kita jumpai. Makanan peningkat daya tahan tubuh umumnya berupa buah dan sayur. Selain itu, Peningkat Daya Tahan Tubuh Juga Bisa Bersumber Dari Bahan Lainnya.


Berikut makanan yang mengandung zat gizi yang berperan aktif dalam menigkatkan daya tahan tubuh antara lain yaitu Vitamin A, C E dan Zink (kemkes.go.id, 08/05/2020).


Vitamin A


Vitamin A berperan mengatur sistem kekebalan tubuh, memberi perlindungan terhdapat infeksi dengan cara menjaga permukaan kulit dan jaringan pada mulut, lambung, usus dan sistem pernafasan agar tetap sehat.


Vitamin A sebagai kekebalan tubuh dari bahan makanan kaya akan vitamin A antara lain yaitu wortel, kuning telur, ubi jalar, daun singkong, brokoli, bayam atau dari bahan makanan yang diperkaya dengan vitamin A seperti susu dan sereal.


Vitamin C


Vitamin C melindungi tubuh dari infeksi dengan cara merangsang pembentukan antibody dan kekebalan tubuh. Makan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah-buahan seperti pepaya, jeruk, stroberi, tomat jambu biji dan kiwi.


Vitamin E


Vitamin E berfungsi sebagai sebagai antioksidan dan tugasnya menetralkan radikal bebas didalam tubuh. Tingkatan konsumsi vitamin E agar kekebalan tubuh terjaga dengan mengonsumsi makan seperti, sayuran hijau, minyak sayur kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.


Zinc


Zinc dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bekerja dengan baik dan membantu penyembuhan luka. Zinc dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, hati ayam, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.


Vitamin B6, Float, Selenium dan Zat besi (Fe)


Tubuh membutuhkan zat besi (Fe) dan selenium untuk pertumbuhan sel kekebalan tubuh. Sementara itu Vitamin B6 dan asam folat mempengaruhi produksi dan aktivitas sel kekebalan tubuh.


Zet besi (Fe) dapat ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, buah, ikan, ayam dan daging. Lalu folat berlimpah dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sementara itu selenium banyak terdapat pada kacang-kacangan, daging, sereal dan bawang putih.


Itulah daftar bahan makanan peningkat daya tahan tubuh yang perlu dikonsumsi di tengah pandemi corona ini. Namun ingat, Konsumsilah bahan makanan peningkat daya tahan tubuh tersebut secara wajar jangan sampai berlebihan


Penulis: Bayu Pawana (Mahasiswa Program Teknik Industri Universitas Malikusaleh. Mengikuti Program KKN Penulisan Karya Pengabdian (KKN-PKP) di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan DR. Faisal Matriadi, S.E., M.SI)

Komentar

Tampilkan

Terkini