-->








Kamu Harus Tahu!!! Ini 5 Pantangan Jika Punya Riwayat GERD alias Asam Lambung

11 November, 2020, 11.21 WIB Last Updated 2020-11-11T04:21:08Z

GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD) adalah salah satu penyakit pencernaan ketika asam lambung naik hingga menyerang ulu hati dan menyebabkan sesak napas. Gejalanya berupa nyeri panas di dada setelah makan bahkan memburuk ketika berbaring.


Dikutip dari Insider, hal-hal berikut harus kamu hindari apabila memiliki riwayat penyakit GERD:


1. Makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang merupakan katup antara esofagus dan perut. Hal ini bisa menyebabkan mulas. Mengubah pola makan dapat menjadi solusinya.


Mulailah makan enam porsi dengan jumlah sedikit dibandingkan tiga porsi besar. Pola ini akan membantu menjaga perut agar tidak terlalu kenyang dan mencegah naiknya asam lambung.


2. Makan buru-buru

Makan terlalu cepat dapat menyulitkan pencernaan untuk bekerja sebagaimana mestinya. Pencernaan yang buruk juga bisa menyebabkan perut menjadi mulas. Kunyahlah makanan sebanyak 20 kali dengan seksama sebelum menelannya.


3. Makanan dan minuman pemicu

Makanan yang dimaksud berupa gorengan, daging kaya lemak, cokelat, dan makanan pedas. Untuk minuman bisa berupa minuman berkafein (kopi dan teh) dan produk susu murni.


4. Berbaring setelah makan

Tunggu setidaknya 2 hingga 3 jam setelah makan untuk berbaring. Berbaring dengan perut penuh dapat menekan sfingter esofagus bagian bawah (LES) sehingga makanan akan masuk kembali ke saluran pencernaan.


5. Stres

Stres tidak langsung menyebabkan perut mulas, namun dapat mengganggu pola makan dan olahraga secara teratur. Pola makan yang sembarangan dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Cobalah metode relaksasi seperti meditasi, latihan pernapasan, atau yoga sambil mendengarkan musik.[Idrtimes]

Komentar

Tampilkan

Terkini