-->

Iklan

Kelompok 190 KKN-BK Unimal Adakan Proses Mengajar Murid TK di Desa Sidomulyo

11 November, 2020, 18.17 WIB Last Updated 2020-11-11T11:18:05Z

LINTAS ATJEH | LANGKAT - Mahasiswa KKN Kelompok 190 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan mengajar anak TK  Ar-Rahim di Desa Sidomulyo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Senin (09/11/2020) lalu.


KKN-BK Kelompok 190 ini terdiri dari Suriyanto sebagai Ketua KKN (Teknik Elektro), Inge Putri (Pendidikan Matematika), Poppy Oktavia Pratiwi (Agribisnis) dan Zulfian Dwi Santoso (Teknik Sipil).


KKN-BK Kelompok 190 memiliki beberapa program KKN salah satunya melakukan kegiatan mengajar anak usia dini di Tk Ar-Rahim yang berada di bawah bimbingan Hamdiah. S.E., M.Si. Sebelumnya, Kelompok 190 melakukan kegiatan yang berkaitan dengan Covid-19.


Ketua Kelompok 190, Suriyanto (Teknik Elektro) kepada redaksi, Rabu (11/11/2020), mengatakan dengan melihat kondisi pandemi seperti sekarang ini banyak sekolah TK yang diliburkan guna mencegah penularan Covid-19. Tetapi banyak anak murid yang mengalami kesulitan dalam belajar online apalagi kita ketahui bahwasanya mengajar anak TK melalui online bukanlah hal yang mudah. 


“Mereka juga melakukan kegiatan tatap muka 2 kali dalam seminggu. Kami merasa bahwa melakukan tatap muka seminggu hanya ada 2 kali itu sangat tidak efektif," ujar Suriyanto.  


Dengan demikian, lanjut dia, kami melakukan penambahan waktu belajar tatap muka anak TK Ar-Rahim. 


"Penambahan waktu belajar selama 1 jam diisi dengan pembelajaran tahfiz surah pendek guna membantu daya ingatan anak agar lebih lancar dalam menghafal," jelasnya.


"Kegiatan proses pembelajaran ini juga dibantu dengan anggota Kelompok 190 dan juga mentor di masing-masing kelas. Di TK Ar-Rahim dibagi menjadi 2 kelas agar proses pembelajaran bisa berjalan lebih efektif.  Kegiatan  ini diharapkan mampu  meningkatkan  pemahaman  dan semangat anak-anak dalam belajar selama masa pandemi," ujar Zulfian mempertegas penjelasan Suriyanto.


Sedangkan Kepala Desa Sidomulyo, Marjono mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan di desanya.


Hal yang sama juga disampaikan Kepala Sekolah TK Ar-Rahim, Ana yang juga memberikan dukungan positif terhadap Kelompok 190 untuk melakukan proses pembelajaran di TK tersebut.


"Kehadiran mahasiswa KKN, berdampak cukup besar kepada kemauan belajar anak. Semenjak mereka mengajar antusias anak-anak menjadi lebih besar," ungkap Ana.


Di tempat terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan Hamdiah, S.E. M.Si, menyatakan bahwa tambahan pembelajaran buat anak-anak akan membuat mereka lebih faham dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini