-->

Iklan

Mahasiswa KKN Unimal K217 dan Warga Desa Laayon Gelar Ritual Sholawat Padi

17 November, 2020, 17.45 WIB Last Updated 2020-11-17T10:45:02Z

LINTAS ATJEH | SIMEULUE - Mahasiswa KKN universitas Malikussaleh angkatan XXVIII bersama dengan warga petani melaksanakan kegiatan sholawat padi, di Desa Laayon, kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue-Aceh, Selasa (17/11/2020).


Kelompok KKN 217 yang mengambil skema KKN BK ( Kulia Kerja Nyata Balik kampung ) yang terdiri 4 orang Hamdi Romansah (Ilmu Kelautan) Ariska Dayanti ( administrasi publik ) Dini Mulianti (Matematika) dan Samsinar (Matematika)


Ritual  sholawat padi untuk tanaman (padi), diharapkan dapat terhindar dari penyakit ancaman  hama sehingga para warga petani dapat menikmati hasil padi yang melimpah. Sholawat padi dilaksanakan  setiap dua  kali dalam setahun ketika padi berumur dua bulan.


Adat ritual khusus dalam melaksanakan sholawat padi dengan memotong ayam di ladang yang ditanami tanaman padi di percaya darah ayam yang mengalir dapat menghilangkan penyakit (hama) padi petani.


Setelah selesai melaksanakan ritual potong ayam dan dilanjutkan doa serta makan bersama  dengan daging ayam yang telah di potong untuk keselamatan padi dari segala penyakit hingga masa panen tiba.


Sementara itu Bapak M Jamil selaku Kejerun Blang / Keuchik Blang berharap dengan terlaksananya ritual kegiatan sholawat padi semoga tanaman padi para petani dapat terhindar dari segala penyakit hingga musim panen tiba.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini