-->

Iklan

Mahasiswa KKN Unimal Perorangan K086, Nurkhalida Buka Konseling

20 November, 2020, 22.58 WIB Last Updated 2020-11-20T15:58:45Z
LINTAS ATJEH | ACEH UTARA - Mahasiswa KKN K086 Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan konseling akhir  di Desa Geulumpang, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (19/11/2020).

KKN-BK K086 perorangan ini atas nama Nurkhalida dari Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Peserta KKN ini memiliki beberapa jenis program KKN salah satunya yaitu melakukan kegiatan konseling di bawah bimbingan DPL Husni. SH., MH.

Layanan konseling ini merupakan alternatif untuk mendapatkan konseling sembari menerapkan social distancing. Karena mengingat situasi sekarang yang di masa Pandemi Covid-19 ini.

Ia menerapkan sistem konseling kepada masyarakat, karena semakin banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi maka seseorang membutuhkan tempat curahan hati.

"Sebab tidak semua permasalahan sanggup di simpan sendiri, terkadang seseorang perlu untuk mencurahkan dan mengeluarkan uneg-uneg yang ada di hatinya daripada konsisten menyimpan masalah itu sendirian," katanya.

Menurutnya, saat itulah dibutuhkan orang yang mau mendengarkan masalah yang dihadapi atau tempat di mana bisa mencurahkan isi hati agar beban moral yang semakin menghimpit dapat berkurang. 

"Bimbingan konseling Islam ini sangat berperan penting dalam menyelesaikan atau memberikan solusi bagi keluarga yang ingin permasalahannya dapat segera terselesaikan," ujarnya.

Konsep konseling yang diterapkan oleh peserta KKN K086 ini dalam bentuk wawancara konselor kepada klien, yaitu berkomunikasi secara langsung dan mendalam dengan bertatap muka (face to face) untuk mencapai tujuan-tujuan dalam rangka pemecahan masalah, pemenuhan kebutuhan, pengubahan sikap dan tingkah laku serta penerimaan diri klien.

"Tujuan program konseling KKN K086 ini yaitu Membantu menguatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak agar terhidar dari perilaku negatif dan jauh dari tindakan yang tidak diinginkan," tutup Nurkhalida.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini