-->

Iklan

Mahasiswa KKN Unimal Sosialisasikan Cara Hemat Listrik Kepada Masyarakat

16 November, 2020, 19.57 WIB Last Updated 2020-11-16T12:57:19Z

LINTAS ATJEH | NAGAN RAYA - Rahmad Andria, Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Perorangan Universitas Malikussaleh dengan skema Balik Kampung (BK) melakukan kegiatan  sosialisasi cara hemat listrik kepada masyarakat Gampong Neubok Yee PP. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan didasari ilmu yang telah ia dapati di bangku perkuliahan Jurusan Teknik Elektro Universitas Malikussaleh. 


Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga Neubok Yee PP, Nagan Raya. Menurut Rahmad, sosialisasi mengenai cara hemat listrik sangat perlu dilakukan mengingat masih banyak dari masyarakat Neumbok Yee PP yang belum paham mengenai cara cara untuk menghemat listrik. 


Dalam kegiatan ini, Rahmad menjelaskan tentang cara-cara menghemat listrik, salah satunya adalah dengan cara mencabut kabel dan peralatan dari sumber listrik apabila tidak digunakan.


"Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan masyarakat adalah membiarkan peralatan tetap tersambung dengan sumber listrik pada saat tidak digunakan seperti charger HP dan peralatan elektronik lainnya. Padahal meskipun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik," jelas Rahmad Andria. 


Selain mensosialisasikan cara menghemat listrik Rahmad juga menjelaskan cara-cara menghindari sengatan listrik dan pertolongan pertama apabila terjadi sengatan listrik.


"Mengingat sudah lebih dari satu orang warga Neubok Yee PP meninggal disebabkan tersengat listrik. Dalam kesempatan ini saya juga menjelaskan cara menghindari sengatan listrik dan pertolongan pertama apabila terjadi sengatan listrik," sebutnya.


Kegiatan ini disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Syukriah, ST., MSc.Eng.IPM. Ia selalu menegaskan supaya kegiatan-kegiatan KKN benar-benar bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk pengabdian untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini