-->

Iklan

Mengabdi Tanpa Batas, KKN Unimal Kelompok 239 Mengajar di SD Manyabar

09 November, 2020, 22.50 WIB Last Updated 2020-11-09T15:50:26Z

LINTAS ATJEH | MANDAILING NATAL - Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik ke Kampung (KKN-BK) ikut mengajar siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) No. 113 di Desa Manyabar, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Anggota KKN-BK Kelompok 239 terdiri dari Ahmad Daman Huri dari Teknik Elektro sebagai ketua, Saidal Ardiansyah dari Akuakultur, Benyamin Adventus Tampubolon dari Teknik Industri, dan Deassy Aryanti dari Hukum sebagai anggota. 


Kelompok 239 merupakan KKN-BK yang dibimbing oleh Joelman Subadi, S.H., M.H. Kegiatan mengajar ini dilakukan 4 (empat) kali dalam seminggu, mulai hari Senin sampai dengan hari Kamis, dan telah dimulai sejak tanggal 02 November 2020.


Ahmad Daman Huri didampingi Anggot Kelompok 239 mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan agar generasi milineal khususnya di Desa Manyabar terus bisa belajar meskipun di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang.


“Kita semua tahu bahwa di masa pandemi ini banyak anak-anak yang malas untuk belajar dan membaca, apalagi untuk mengerjakan tugas. Kami selaku mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ingin membantu para guru di SD Manyabar dalam menjalankan tugasnya," terang Ahmad kepada redaksi, Senin (09/112020).


Dijelaskannya lahi, ini sekaligus untuk memotivasi anak-anak didik sebagai generasi milineal agar mau belajar dan membaca meskipun sistem pendidikan di desa saat pandemi masih sangat memprihatinkan.


"Kita lihat tetap antusias meskipun kurangnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan” ujar Ahmad Daman Huri, Ketua Kelompok 239.

Sementara itu, kepala sekolah dan para guru yang ada di SD Manyabar sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN Kelompok 239 di sekolahnya. Kepala sekolah dan dewan guru sangat menginginkan sekolah dibuka kembali dan menjalankan tugasnya sebagai pendidik seperti waktu sebelum berlangsungnya pandemi Covid-19 ini. 


“Jadi kami dari pimpinan sekolah dan dewan guru sangat mendukung penuh adik-adik mahasiswa Universitas Malikussaleh yang ikut membantu kami dalam proses mengajar di sekolah tercinta ini," tuturnya.


Kami sebagai guru, lanjutnya, sangat merasa bangga kepada adik-adik mahasiswa yang memilih sekolah kami untuk menjalankan program KKN adik-adik semua. 


"Semoga adik-adik bisa memberikan motivasi kepada anak didik untuk bisa dan berminat melanjutkan pendidikan kedepannya,” ungkap Siti Kholilah, S.Pd, Kepala Sekolah SD Manyabar.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini