-->

Iklan

Tangkal Covid-19, Mahasiswa KKN Unimal K077 Produksi Jus Jeruk Untuk Warga

14 November, 2020, 15.01 WIB Last Updated 2020-11-14T08:02:07Z

LINTAS ATJEH | BIREUEN - Mahasiswa KKN Kelompok 077 Universitas Malikussaleh, membantu pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), di Gampong Bandar Bireuen,  Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Kegiatan kesehatan dasar tersebut diselenggarakan oleh masyarakat dan dibantu petugas kesehatan setempat, Sabtu (14/11/2020).


Tujuh  mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah yang tergabung dalam Kelompok KKN  077, yaitu Nurul Ismi, Nurul Azmi, Nurul Hayati, Nurlaili, Husniah, Zulia, di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Dahlan Abdullah, S.T., M.Kom. 


Mahasiswa KKN Kelompok 077 Universitas Malikussaleh (Unimal) ikut serta dalam pelaksanan kegiatan posyandu dalam meningkatkan imunitas tubuh balita di masa pandemi di Desa Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, bersama dengan pihak kesehatan setempat.


Mengingat pentingnya kesehatan tumbuh kembang balita, meskipun dalam situasi masa pandemi seperti ini posyandu tetap dilakukan secara rutin. Karena dengan mengikuti kegiatan posyandu ini balita akan mendapatkan imunisasi sesuai umur sehingga pertumbuhan dan perkembanngan bayi dapat terpantau dengan baik.


Di tengah pandemi yang masih berlangsung, daya tahan tubuh penting untuk dijaga. Kelompok 077 bersama  bidan dan kader posyandu membagikan vitamin C berupa jus jeruk yang manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bisa menjaga anda dari infeksi berbagai penyakit. Selain itu juga mereka membagikan ke masyarakat sekitar lainnya.


Tidak jarang masyarakat mengabaikan pola hidup mereka. Makan sembarangan hingga begadang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Namun demikian, pola hidup tersebut justru membahayakan diri terlebih saat pendemi Covid-19. Tak hanya itu vitamin C juga membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka, dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. 


Vitamin c juga meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin berfungsi sebagai protein komunikasi yang dilepaskan dari sel darah putih tertentu dan mengirimkan informasi ke sel lain, sehingga meningkatkan respons imun.Disamping jus jeruk, mereka juga membagikan beberapa makanan bergizi lainnya.


Ketua Kelompok 077, Nurul Ismi mengatakan, kegiatan posyandu  ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu seperti menerapkan protokol kesehatan.


"Semua pihak yang terkait dalam posyandu harus memakai masker, dan tidak berkerumunan,” kata Ketua Kelompok 077, Nurul ismi.

Sementara Sarah, Bidan Desa Posyandu Gampong Bandar Bireuen mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Unimal yang sudah berkenan membantu tugas-tugas.


"Terima kasih sudah membnatu untuk menimbang berat badan bayi dan balita serta ikut berpartisipasi dalam memperhatikan imunitas tubuh masyarakat," ucap Sarah.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini