-->

Iklan

ASIA Kota Langsa dan UMKM Binaan Bangkit dari Imbas Covid-19

16 Desember, 2020, 12.19 WIB Last Updated 2020-12-16T05:19:46Z

LINTAS ATJEH | LANGSA - Home Industri dan UMKM binaan Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) Kota Langsa mulai berbenah kembali, sebelumnya sempat terhenti sesaat karena wabah Covid-19. 


Ketua ASIA Kota Langsa, Erlinawati, mengajak UMKM binaannya untuk mempersiapkan diri dengan matang. 


"Sewaktu-waktu kita diminta ASIA Aceh untuk ikut serta mengekspor hasil produk UMKM Aceh ke luar negeri. Setidaknya UMKM Kota Langsa ada yang mewakili," terang Erlina kepada LintasAtjeh.com di Langsa, Rabu (16/12/2020).


ASIA Kota Langsa, lanjut Erlina, adalah sebuah perkumpulan saudagar saudagar Aceh, cabang dari ASIA Aceh pimpinan Teuku Dhahrul Bawadi. Kita punya misi dan harapan besar, produk produk UMKM Aceh dapat menembus pasar internasional. 


"UMKM Kota Langsa mampu memproduksi produk berkualitas, sebelumnya kita terkendala dengan pemasaran," jelasnya.  


Masalah pemasaran, tambah Erlina, salah satu problem utama UMKM sulit untuk berkembang karena pemasaran tidak terlaksana dengan baik, maka tak heran jika UMKM juga tidak bisa meningkatkan penjualan dan kapasitas produksinya.


"Alhamdulillah, Teuku Dhahrul Bawadi sebagai pengusaha muda sukses, mengajak pengusaha kecil Kota Langsa untuk bergabung dalam wadah ASIA. Beberapa  produk ASIA sudah mampu menerobos pasar internasional, itu suatu prestasi dan motivasi UMKM Aceh pada umumnya," terang Erlina.


Di tempat yang sama, Sekretaris ASIA Kota Langsa Abdul Manaf, menjelaskan alasan dirinya bergabung dalam wadah ASIA. 


Selain mudah dalam hal administrasi, sebagai pelaku usaha kecil yang bergabung dalam ASIA, saling membantu mendapatkan pasar lokal, nasional dan internasional.


"Pengusaha sekelas kita tak mungkin mampu memasarkan hasil produksi di pasar internasional. Kecuali kita bersatu dalam wadah seperti ini," terang Manaf dengan nada yakin.[Otty]

Komentar

Tampilkan

Terkini