-->








Manfaatkan Lahan Perkarangan Rumah, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang Canangkan Program Gampang

09 Desember, 2020, 03.54 WIB Last Updated 2020-12-09T00:11:59Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) merupakan program nasional yang didengungkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI. 

Program ini sudah ada sejak tahun 2006 lalu, dengan maksud menggerakkan kaum hawa untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah sehingga dapat menghasilkan pangan yang berkualitas.

Ikut berkontribusi dan mengkampanyekan program tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM, menyelenggarakan acara Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) Selasa, (08/12/2020).
Kegiatan Pencanangan Program Gampang berlangsung di Halaman Kantor TP- PKK Kabupaten dan dibuka oleh Bupati Aceh Tamiang yang diwakili Asisten Administrasi Umum Ir. Adi Dharma, M.Si.

Membacakan sambutan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn, Asisten Administrasi Umum menyampaikan, Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) ini merupakan hal yang harus dipenuhi dan dicapai semaksimal mungkin.

Terlebih, sebut Adi Darma, pandemi COVID-19 yang telah dialami, membuat sebahagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami krisis pangan. 
Sehingga menurutnya, program ini dirasa sangat tepat untuk membantu masyarakat dalam mengatasi krisis pangan dengan menggerakkan kaum kaum hawa  manfaatan lahan perkarangan rumah menjadi lahan pangan yang bisa mencukupi kebutuhan serta kecukupan gizi keluarga.

"Kemandirian pangan tidak hanya diupayakan dari lapangan atau lahan pertanian saja, namun bisa juga dari pemanfaatan lahan perkarangan. Selaku Pimpinan Daerah berharap, melalui Program Gampang kiranya dapat mendorong dan memotivasi masyarakat dalam mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan membudayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga," ujarnya Adi Darma.

Acara dilanjutkan dengan kemeriahan memukul tambur sebagai petanda dibukanya acara. Dalam pemukulan tambur, Adi Dharma tampak didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten. Asisten Administrasi Umum Adi Darma tampak didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Perwakilan dari Kejaksaan, Perwakilan dari Camat dan Ibu TP-PKK Kecamatan.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini