-->




Pelatihan di SMA Negeri 1 Mesjid Raya, Guru Harus Berkarya

15 Desember, 2020, 08.58 WIB Last Updated 2020-12-15T01:58:12Z

LINTAS ATJEH | ACEH BESAR - Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Serambi Mekkah melakukan pelatihan penulisan buku dan artikel ilmiah kepada 30 guru SMA Negeri 1 Mesjid Raya selama 4 hari yang digelar di sekolah setempat, Senin (14/12/2020).


Kegiatan tersebut diawali dengan acara seremonial dengan tetap melakukan protokol kesehatan dengan membagikan masker kepada peserta.


Ketua Prodi Biologi, Azwir, S.Pd, M.Pd, menyampaikan guru dan dosen harus aktif dalam menulis baik buku maupun artikel ilmiah. Penulisan tersebut perlu dipublikasi agar ilmu pengetahuan bisa dimanfaatkan setiap kalangan. 


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah mempersiapkan acara itu semaksimal mungkin. 


"Kita jangan menurun semangat di masa pandemi Covid-19, kerja di rumah harus ada karya, minimal ada tulisan yang perlu dipublikasi ke publik," kata Azwir.


Dekan FKIP USM Jalaluddin, S.Pd, M.Pd, menambahkan, guru yang bermutu adalah guru yang punya karya. FKIP siap membimbing penulisan sampai terpublikasi. 


"Saat ini FKIP punya 10 prodi, semua guru yang ada di sekolah bisa kita bimbing baik penulisan buku maupun artikel ilmiah," ujar Jalaluddin.


Lebih lanjut kata jalaluddin, FKIP juga memiliki bermacama ragam beasiswa mulai dari KIP Kuliah sampai ke beasiswa prestasi. Maka harapan Dekan FKIP untuk tahun 2021 siswa SMA Negeri 1 Mesjid Raya bisa melanjutkan kuliah ke Universitas Serambi Mekkah dengan melalui jalur beasiswa yang disediakan.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Mesjid Raya, Harmisal, M.IT. menyampaikan, pihaknya merespon positif kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Biologi FKIP USM itu.


"Kegiatan ini berharap ada keberlanjutan sampai setiap guru mampu menulis secara baik. Bimbingan dan arahan dari perguruan tinggi akan memacu untuk meningkatkan motivasi menulis bagi guru-guru SMA khususnya Bagi Guru SMA Negeri 1 Mesjid Raya," ujar Harmisal.


Kegiatan ini dipandu oleh beberapa pemateri yang semuanya adalah Dosen Program Studi Pendidikan Biologi yaitu Dr. Evi Apriana, M.Pd, Drs.Jailani, M.Pd. Dra. Armi, M.Si, Almukarramah, S.Pd, M.Pd dan Anita Noviyanti, S.Pd, M.Pd.


Selain pemaparan materi, para pemateri juga siap melakukan bimbingan secara online sampai terbit artikel ilmiah yang baik agar tidak plagiat. Setelah artikel siap pemateri juga menjanjikan untuk membimbing cara submit artikel ke jurnal-jurnal yang berkualitas baik nasional maupun international.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini