-->




Peningkatan Skill Pekerja Migran Indonesia, National Ambulance UAE-PT Binawan Inti Utama Teken MoU

15 Desember, 2020, 22.05 WIB Last Updated 2020-12-15T15:05:43Z

LINTAS ATJEH | JAKARTA - PT Binawan inti Utama dan perusahaan layanan gawat darurat, National Ambulance di bawah Kementerian Dalam Negeri UAE (Uni Emirat Arab), menjalin kerja sama dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). MoU ini untuk memastikan peningkatan keterampilan bagi pekerja migran Indonesia (PMI) di Uni Emirat Arab.


Nota kesepahaman (MoU) diteken di kantor Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Selasa, 15 Desember 2020. Perjanjian kerja sama ini disaksikan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani sebagai perwakilan dari Indonesia dalam gelaran UAE Week 2020. UAE Week dilangsungkan pada 15-21 Desember 2020 untuk memperkuat ekonomi dan investasi kedua negara.

 

Nota Kesepahaman ini merupakan komitmen dari kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi dengan Kedutaan Besar UAE di Jakarta. KBRI UAE memfasilitasi perjanjian kerja sama ini sebagai upaya meningkatkan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terampil dan profesional di UAE.


Kepala BP2MI Benny Rhamdani menuturkan, kerja sama ini memiliki makna yang sangat strategis. Penekenan MoU ini terkait dengan 5 perjanjian ker jasama yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dengan UAE, salah satunya terkait penyediaan jasa tenaga kerja Indonesia ke UAE.


“Harapannya kerja sama ini berkesinambungan dan terus menerus,” kata dia.


Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab H E Husin Bagis mengatakan, nota kesepahaman ini hasil dari diskusi dengan dengan para direktur rumah sakit yang berkeinginan besar agar tenaga medis dari Indonesia bisa dikirim ke UEA.


“Kedutaan Indonesia menargetkan 1.000 orang tenaga kerja kesehatan dalam rentan waktu 2 tahun yaitu tahun 2021- 2022,” ujar dia.


Untuk mencapai target itu, Dubes Husin Bagis telah berkoordinasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir agar kementerian berkontribusi untuk memenuhi target pencapaian 1.000 tenaga kerja kesehatan.


Selain bekerja sama dengan National Ambulance UAE, PT Binawan Inti Utama juga akan memenuhi permintaan tenaga kesehatan dari Aamer Health Care Service di UAE. Kedua perusahaan dari UAE tersebut bekerjasama dengan PT Binawan Inti Utama dalam bentuk perekrutan tenaga terampil dan profesional kesehatan dari Indonesia dalam jangka panjang. Kerja sama juga diwujudkan dengan memberikan pelatihan kepada berbagai profesi tenaga kesehatan Indonesia.

 

Untuk mendukung kesuksesan program pendidikan, pelatihan, dan penempatan tenaga kesehatan Indonesia ke luar negeri ini, PT Binawan Inti Utama sudah melakukan kerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan berbagai lembaga profesi tenaga kesehatan lainnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini