-->

Iklan

Puluhan Anggota LPBI NU Aceh Ikuti Pelatihan Relawan Covid-19

14 Desember, 2020, 06.34 WIB Last Updated 2020-12-13T23:34:43Z

 

LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Pengurus Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PW LPBI NU) Aceh mengirim 45 kader sebagai peserta Pelatihan Relawan Covid-19 yang berlangsung sejak 8-12 Desember 2020 di Banda Aceh.


Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Satuan Tugas Covid-19 Nasional Bidang Koordinasi Relawan yang bekerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah daerah di Aceh. 


"Pelatihan ini sangat membantu dalam mensosialisasikan pencegahan Covid-19 yang menjadi tugas para relawan nantinya dengan mengkampanyekan 3M terhadap keluarga dan teman-temannya," ujar Akmaluddin yang menjadi peserta dari LPBI NU Aceh. 


Akmal mengakui, pelatihan ini sangat bagus untuk kelanjutan program pencegahan Covid-19 yang selama ini dilakukan oleh jajaran Lembaga/Banom Nahdlatul Ulama di Aceh.  


"Mudah-mudahan ada  tindak lanjut dari pelatihan ini, berupa terjun langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi yang lebih intens ke masyarakat," harapnya.


Dalam kegiatan Pelatihan Relawan Covid-19 ini, LPBI NU Aceh juga mengirimkan salah seorang pengurus untuk menjadi fasilitator selama kegiatan berlangsung di Hotel Kryiad Muraya, Banda Aceh. 


Kesempatan LPBI NU Aceh menjadi fasilitator dan peserta pelatihan tidak terlepas dari peran Pengurus Pusat LPBI NU yang selama ini terus mendapat pembinaan dan koordinasi antar pengurus wilayah dalam bidang penanggulangan bencana yang dilakukan NU. 


Muhadzdzier M. Salda, ST., M.Si selaku Ketua LPBI NU Aceh sekaligus bertindak sebagai fasilitator dari LPBI menyebutkan,  kesempatan ini dimanfaatkan pihaknya untuk memberikan informasi kepada masyarakat di Aceh tentang program-progam yang selama ini telah dilakukan oleh LPBI NU di berbagai daerah di Indonesia dalam pencegahan Covid-19. 


"LPBI NU mendapat kesempatan sebagai pemateri bidang Komunikasi Efektif Pencegahan Covid-19. Tentu ini jadi ruang belajar  juga bagi LPBI untuk bisa bersinergi dengan lembaga lain dalam pencegahan Covid-19 di Aceh," sebut Muhadzdzier yang juga lulusan Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala.


Pelatihan Relawan Covid-19 di Provinsi Aceh ini dibuka oleh Gubernur Aceh, yang dihadiri oleh berbagai lembaga/ormas terkait dengan menghadirkan peserta dari masing-masing lembaga hingga telah melatih 1000 relawan Covid-19 di bawah Satgas Covid-19 Nasional, Bidang Koordinasi Relawan. 


Sementara itu, Sekretaris PP LPBI NU, Yayah Ruchyati menyebutkan anggota LPBI NU yang mengikuti pelatihan relawan covid  tidak hanya di Aceh, dibeberapa provinsi lain juga mengirimkan kadernya untuk terlibat aktif sebagai fasilitator dan peserta mewakili LPBI NU. 


"Kegiatan pelatihan relawan ini selain di Provinsi Aceh juga yang sudah dilakukan Provinsi Papua, Kalsel, Jawa Tengah, Jawa Barat, Provinsi Bali, provinsi yang lainnya menyusul," sebut Yayah.


"Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh LPBI NU, untuk pendidikan bagi anggota LPBI NU di berbagai daerah, agar pengembangan lembaga ini terus berkontribusi dan mengabdi untuk bangsa dan negara," harap Yayah Ruchyati.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini