-->

Iklan

Kemenag Aceh Tamiang Gelar Upacara Peringati HAB ke 75, H Fadli Sampaikan Pesan Menteri Agama RI

05 Januari, 2021, 18.59 WIB Last Updated 2021-01-05T15:21:47Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Ke-75 tingkat Kabupaten Aceh Tamiang digelar sederhana dan terbatas, Selasa (05/01/2021).


Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang tersebut hanya diikuti oleh para Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pengawas dan staf Kantor Kementrian Agama Kabupaten setempat.

Bertindak selaku Pembina Upacara peringatan HAB ke-75 adalah Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang H. Fadli, S.Ag, sekaligus menyampaikan pidato dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoums. 

Dalam uraian pidato Menteri Agama RI yang disampaikan Kakan Kemenag Aceh Tamiang H. Fadli, S.Ag, mengingatkan kembali kepada peserta upacara, mengenang sejarah berdirinya Kementerian Agama RI pada tahun 1946 lalu, yang dipimpin pertama kali oleh Menteri H. Rasjidi. Selayaknya mendoakan segala amal bakti para perintis, pendiri, dan pembangun Kementerian Agama, semoga mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa.

Saat ini usia Kementerian agama RI 75 tahun, segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen ummat beragama tanpa membedakan satu sama lain.

HAB ke-75, dengan mengangkat tema, "Indonesia Rukun". Menurutnya, tanpa kerukunan tentunya sukar mencapai cita cita besar bangsa, agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

"Dewasa ini kita membangun moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita," ucap H. Fadli.

Ia menambahkan, Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai ke Indonesiaan sebagai bangsa yang beragama. "Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral," ujarnya.

Disela itu juga, H. Fadli menyampaikan, semangat Kementerian Agama RI yang baru dalam mengelola Kementerian Agama, yakni semangat baru manajemen pelayanan dan tata kelola, birokrasi yang harus lebih baik, penguatan moderasi beragama, dan persaudaraan, yang meliputi persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan tanah air, serta membangun persaudaraan kemanusiaan.

"Mari mengedepankan akal sehat dan hikmah kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan ini maupun dimasa yang akan datang. Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita, dan kemanusiaan, semoga segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan agama," tutupnya.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan pemotongan tumpeng oleh Kakan Kemenag Aceh Tamiang, Fadli, S.ag, di Aula Al Ikhwan Kantor Kemenag setempat.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini