-->

Iklan

LPTQ Labura Berkunjung ke Bumi Muda Sedia

08 Januari, 2021, 19.44 WIB Last Updated 2021-01-08T13:10:14Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berkunjung ke kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia.
Wakil Bupati Aceh Tamiang HT. Insyafuddin, ST, memimpin  acara Audiensi LPTQ Labura yang berlangsung di Aula Rapat Bupati setempat, Jum'at (08/01/2021).

Dalam arahannya, Wabup Insyafuddin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua Tim Rombongan dari LPTQ Labura yang telah hadir di Kabupaten Aceh Tamiang, dan Ia berharap mudah-mudahan dapat mempererat tali silaturrahmi antar 2 (dua) kabupaten tersebut.

Wabup juga sedikit menceritakan tentang keistimewaan Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang. Ia menjelaskan bahwa dalam menaungi syari’at islam di  Bumi Muda Sedia, pemkab memiliki 3 (tiga) lembaga yakni, Dinas Syari'at Islam, Dinas Pendidikan Dayah dan Baitul Mal. Melalui Lembaga inilah, kegiatan syari'at Islam dapat berdiri secara kaffah di Aceh Tamiang.

Turut dijelaskan oleh Wabup Insyafuddin bahwa selain bersilaturrahmi, dapat  menjadi ajang pertukaran informasi dan pengetahuan terkait program-program yang sudah dilaksanakan pada kedua kabupaten  yang berguna untuk perbaikan kinerja pada LPTQ dimasa mendatang.
Sebelumnya, Ketua Tim rombongan dari Kabupaten Labura Tasrip, MA, menyampaikan bahwa Bupati, Wakil Bupati, para Asisten dan Kabag Kesra Setdakab Labura menitip salam dan mohon maaf tidak dapat berhadir pada acara ini dikarenakan adanya kagiatan yang tidak dapat ditinggalkan.

Tasrip juga menyampaikan bahwa di Labura program maghrib mengaji juga sudah berjalan mulai dari waktu maghrib hingga isya yang bertujuan  agar anak-anak terjaga waktu maghrib dan isya dan Shalat secara berjama'ah. 

"Adapun tujuan kami berkunjung ke Aceh Tamiang, yang pertama untuk bersilaturrahim juga ingin belajar, serta bertukar informasi dan pengalaman terkait program Syiari'at  Islam yang sudah berjalan di Aceh Tamiang sehingga apa yang belum ada di Kabupaten Labura kedepan akan kami terapkan," ungkapnya.

Selanjutnya, Tasrip memaparkan sederetan prestasi yang ditoreh oleh Labura, diantaranya pernah menjadi juara ke- 2 MTQ di tingkat nasional. 

Dalam mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang Al-Qur'an Kabupaten Labura melalui LPTQ mengirim para paserta untuk mengikuti pelatihan di Bogor, dan juga dijelaskan upaya dan langkah dari LPTQ Labura dalam meningkatkan dan mengoptimalkan syi’ar islam agar menggema di Kabupaten Labura, yakni dengan  melakukan sidak kedaerah-daerah terkait apa yang dilakukan oleh pembina bagi hafiz dan tilawah di kecamatan-kecamatan serta memberikan pelatihan dan bimbingan dan pembinan bagi peserta hafiz dan tilawah," demikian disampaikan Tasrip.
Selanjutnya arahan juga disampaikan oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang Syamsul Rizal, SAg, terkait pengembangan LPTQ di kabupaten setempat.

Dikatakan olehnya Samsul Rizal bahwa di Aceh Tamiang ada 26 Dayah/Pesantren yang tersebar di tiap-tiap kecamatan yang ada program tahfiznya. LPTQ Aceh Tamiang terus berupaya melakukan pembinaan dan bimbingan bagi para peserta hafiz dan seni qira’ah untuk mempersiapkan diri di ajang perlombaan MTQ, baik ditingkat daerah, provinsi dan nasional bahkan di internasional.

Terkait program di Dinas Syari’at Islam Kabupaten Aceh Tamiang Syamsul Rizal menginformasikan bahwa pengembangan syari'at Islam, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang telah melaksanakan beberapa program seperti  Program Maghrib  Mengaji wajib bagi para pelajar di  tingkat SD dan SMP,  dengan guru mengaji sebanyak 1220 orang guru, dan 142 orang koordinator.

“Dalam hal ini, Dinas Syari'at Islam juga telah  melahirkan program Imam  Hafiz Qur'an 30 juz yang akan mengisi mesjid-mesjid  di tiap kecamatan  yang ada di Aceh Tamiang, dan ini sudah berjalan selama tahun serta mendapatkan gaji dari pemerintah daerah," ungkap Syamsul Rizal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait program serta  upaya dan langkah yang diterapkan oleh  LPTQ selama ini, dalam mempersiapkan kader kader generasi muda Islami berprestasi saat ini maupun di masa yang akan datang. Kemudian acara penyerahan pelakat yang diserahkan oleh Wabup kepada Ketua Tim Rombongan LPTQ Labura dan dilanjutkan dengan sesi photo bersama. 

Acara Audensi tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Rombongan LPTQ Labura Tasrip, MA beserta segenap rombongan, Kadis SI dan segenap jajaran, Sekretaris Baitul Mal segenap dan segenap jajaran.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini