-->

Iklan

Pemkab Aceh Tamiang Siapkan 95 Vaksinator Covid-19

10 Januari, 2021, 21.18 WIB Last Updated 2021-01-10T16:14:47Z

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)
 Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dr. Hardekky

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan setempat menyiapkan sebanyak 95 vaksinator atau pelaksana vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang Ibnu Aziz, SKM melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Hardekky, Minggu (10/01/2021) mengatakan, 95 vaksinator tersebut akan ditempatkan di setiap fasilitas kesehatan, seperti puskesman maupun rumah sakit.

"Jumlah vaksinator yang disiapkan sebanyak 95 orang. Mereka akan ditugaskan di 17 fasilitas kesehatan yang ada di Aceh Tamiang, yaitu 15 puskesmas dan 2 rumah sakit," kata Hardekky.

Dua rumah sakit tersebut yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang dan RSU PT Pertamina EP Field Rantau.

Lanjut Hardekky, nantinya pada setiap puskesmas akan ditempatkan 5 vaksinator dan di 2 rumah sakit, masing-masing 10 vaksinator.

Tambahnya lagi, selain yang sudah ada, akan ada tambahan vaksinator, menyusul akan adanya pelatihan untuk tenaga vaksinator tambahan dari RSUD Aceh Tamiang dan RSU Pertamina EP Field Rantau, pada 18 Januari 2021 mendatang.

"Tahun lalu, tiap-tiap fasilitas kesehatan sudah tersedia dua vaksinator, dan pada tahun ini, ditambah lagi, masing-masing tiga orang. Mereka dilatih tim Balai Besar Pelatihan Kesehatan di Batam," sebut Hardekky.

Hardekky juga menjelaskan bahwa saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang sedang mendata warga yang akan menerima vaksin Covid-19. Proses pendataan vaksinasi berbasis aplikasi VCare dengan melibatkan BPJS Kesehatan.

"Rencananya vaksin tahap awal ini diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan dan warga dengan rentang usia 18-59 tahun. Menyangkut vaksinasi ini, kami terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh," tutupnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini