-->

Iklan

Wabup Aceh Tamiang: Musrenbang Sebagai Wadah Menggali Potensi Kampung

17 Februari, 2021, 20.10 WIB Last Updated 2021-02-18T00:11:07Z

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Wakil Bupati Aceh Tamiang HT. Insyafuddin, ST, menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022, yang berlangsung di Aula Kantor Camat Kejuruan Muda, Rabu (17/02/2021). 


Dalam sambutannya, Wabup Insyafuddin, pertama-tama menyampaikan sepenggal kalimat indah yang berbunyi, "Bermimpilah setinggi langit, dan berdo'alah dengan do'a - do'a yang besar, sehingga Allah juga memberikan hal yang besar pula".

Kalimat tersebut bermaknakan bahwa Wabup Insyafuddin mengajak para perangkat kampung untuk bersemangat memajukan kampung-kampungnya dengan bermimpi, berdo’a dan ikhlas bekerja. 

Secara langsung Wabup Insyafuddin memberikan apresiasi kepada Camat Kejuruan Muda Rusni Devi Ariyanti M, S.STP, MM, karena telah berusaha mensejahterakan masyarakatnya dengan semua program usulan yang telah terangkum. Wabup sendiri melihat draft program usulan pada Kecamatan Kejuruan Muda banyak sekali dan berbeda dengan beberapa kecamatan lainnya.

"Mudah-mudahan adanya kegiatan Musrenbang ini, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang mana dalam merumuskan program usulan, masyarakat juga turut andil dalam menentukan program-program tersebut," tutur Wabup.

Sembari memberikan wawasan kepada para perangkat kampung, Wabup Insyafuddin mengarahkan mereka untuk berfikir kreatif dan inovatif mencari cara dengan lahan yang ada bisa digunakan dan diberdaya untuk meningkatkan potensi kampung. Melihat kondisi kedudukan wilayah Kecamatan Kejuruan Muda, Wabup memberi saran bahwa di kecamatan tersebut berpotensi untuk dikembangkan home industri.

"Saya ada melihat di beberapa daerah di provinsi lain, ada tanah beberapa hektar kemudian ditanami buah naga dan beberapa tahun kemudian menjadi tempat wisata. Saya pikir di Kejuruan Muda bisa dijadikan seperti itu, karena kita butuh hal seperti itu," ujarnya mencontohkan.

Selain membahas potensi wilayah kecamatan tersebut, dalam pada ini Wabup juga menyinggung tentang anggaran. Dijelaskannya, bahwa anggaran tahun ini dipangkas lagi untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terutama program pencanangan vaksin Covid-19 yang merupakan program dari pemerintah pusat. Sehingga, di tahun 2022 arah pembangunan infrastruktur yang telah dicanangkan masih mengambang.

"Namun demikian ada baiknya kita berprasangka baik sama Allah SWT, semoga menjelang Ramadhan ini Covid-19 bisa segera berakhir. Mari kita maksimalkan ibadah di hulan Ramadhan tidak hanya masyarakat di Aceh Tamiang, namun juga masyarakat di seluruh Indonesia," pintanya. 

"Saat ini Pemimpin kita dengan yang dibawahnya baik kepala dinas, datok-datok, bahkan tok imam saling bersinergi dan sehati untuk membangun Aceh Tamiang lebih maju kedepannya, dan ini merupakan ketentuan dari Allah untuk membantu pemimpin kita dan masyarakatnya. Dengan adanya kebersamaan, ketulusan dan keikhlasan untuk membangun Tamiang kedepannya, Insya Allah semua akan dapat berjalan dengan baik," sambungnya lagi.

Sebelumnya, Camat Kejuruan Muda melaporkan, sebelum melaksanakan Musrenbang RKPD hari ini, sudah lebih dahulu dilaksanakan Musrenbang tingkat Kampung yang terdiri dari 15 kampung pada desember lalu, setelah itu digelar kPra Musrenbang di Kecamatan.

"Dalam hal ini besar harapan kami, hasil Musrenbang kiranya dapat terakomodir di tahun 2022 nanti, taman hijau sangat diharapkan oleh perwakilan dari kecamatan, adanya bentuk pengaspalan dan pengerasan jalan dimana salah satu Kampung seperti Tanjung Genteng belum merasakan aspal. Mudah-mudahan harapan dari masing kampung dapat terakomodir," turut Camat Devi.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini