-->

Iklan

Abrasi Pantai Mengikis Keindahan Pulau Banyak

06 April, 2021, 17.07 WIB Last Updated 2021-04-06T10:07:23Z
LINTAS ATJEH | ACEH SINGKIL -  Mahasiswa llmu Kelautan Universitas Malikkusaleh (Unimal) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Selasa (06/04/2021), dalam rangka program “Kampus Merdeka” mengikuti pembelajaran di luar kampus untuk langsung berbaur kepada masyarakat Pulau Banyak.

Pulau Banyak merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Aceh Singkil. Pulau Banyak memiliki luas 135 KM2 yang terdiri dari 7000-an jiwa. Mayoritas pekerjaan penduduk di Pulau Banyak adalah 75% adalah nelayan dan 25% lainnya ada yang wirausaha, PNS, dan lain sebagainya.

Pulau Banyak terkenal dengan keindahan pantai yang sangat menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara, tetapi saat ini keindahan Pulau Banyak sudah mengalami degradasi dikarenakan terjadinya abrasi pantai.  Menurut Umar salah satu masyarakat Pulau Banyak, keindahan Pulau Banyak jauh lebih indah dulu sebelum terjadi abrasi daripada pada sekarang, sehingga wisatawan turun secara signifikan terkhususnya di Desa Pulau Balai.

Hal ini menjadi tugas besar bagi pihak pemerintah terkhususnya kepada masyarakat yang ada di Desa Pulau Balai untuk melakukan pencegahan abrasi pantai melalui penanaman mangrove yang memiliki manfaat besar dalam mempertahankan keindahan Pantai Pulau Banyak kedepannya.
 
Dodi Fanhalen Siregar berharap, kedepannya abrasi pantai tidak terjadi lagi di Pulau Bagok sehingga bisa tetap mempertahankan keindahan pantai yang akan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Pantai Pulau Bagok.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini