-->

Iklan

Masyarakat Aceh Tamiang Laksanakan Shalat Gaib Untuk Awak KRI Nanggala-402

26 April, 2021, 19.12 WIB Last Updated 2021-04-26T13:53:31Z

Masyarakat Aceh Tamiang Laksanakan Shalat Gaib untuk Awak KRI Nanggala-402, Senin (26/04/2021).

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Masyarakat Aceh Tamiang melaksanakan shalat gaib untuk prajurit TNI AL, awak kapal selam KRI Nanggala yang dinyatakan gugur saat melaksanakan latihan perang di perairan Bali Utara.

Shalat gaib dilaksanakan usai shalat Dzuhur, bertempat di Masjid Nurhasanah, Kampung Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, Senin (26/04/2021).

Imam Masjid Nurhasanah Ustaz Khairuddin menyampaikan ucapan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa 53 awak kapal selam Nanggala-402.

Ustaz Khairuddin menambahkan, tidak sekali-kali menimpa kepada manusia, kecuali apa yang telah dikehendaki oleh Allah.   

"Shalat gaib ini juga permintaan Komandan Detasemen Polisi Militer IM/1 Sub Detasemen IM/1-6 Aceh Tamiang danoleh seratusan warga," sambungnya lagi.

Ustaz Khairuddin menambahkan, dirinya mengikuti pemberitaan terkait musibah kapal selam KRI Nanggala 402. 

"Hari ini baru mendapat kabar bahwa KRI Nanggala 402 terbelah tiga. Pemberitaan berbagai media menyebutkan ke-53 kru kapal selam tersebut dinyatakan gugur atau meninggal dunia," kata Ustaz Khairuddin.

Didampingi imam masjid lainnya, Tengku Muhammad Jamil, Ustaz Khairuddin mengatakan shalat gaib sama dengan shalat jenazah. Hanya saja, shalat gaib tanpa ada jenazah.

Selain berjamaah, shalat gaib juga bisa dilakukan untuk mendoakan keluarga atau sanak saudara yang meninggal di tempat yang tidak terjangkau.

"Shalat gaib boleh dilakukan satu orang. Misalnya ada keluarga meninggal dunia di tempat jauh kita tidak sempat pergi. Kita sendiri bisa shalat gaib, seperti dilakukan masyarakat dan jamaah Masjid Nurhasanah hari ini," ujar Ustaz Khairuddin.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini