-->

Iklan

Keren, Aceh Tamiang Kembali Raih 'Juara Umum' Audisi Gita Bahana Nusantara 2021 Tingkat Provinsi Aceh

09 Juli, 2021, 19.54 WIB Last Updated 2021-07-09T12:54:24Z

Kontingen Aceh Tamiang kembali meraih juara umum dalam Audisi Gita Bahana Nusantara 2021 Provinsi Aceh yang digelar pada tanggal 6-7 Juli 2021, di Hotel Grand Aceh Syariah Hotel, Banda Aceh.
 
LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah menggelar Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara tahun 2021 selama dua hari, yakni pada tanggal 6-7 Juli 2021 kemarin, di Hotel Grand Aceh Syariah Hotel, Banda Aceh.

Gita Bahana Nusantara (GBN) yang dikemas menjadi sebuah pergelaran paduan suara akan ditampilkan pada puncak peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021di Istana Merdeka Jakarta.

Kuota Provinsi Aceh sebanyak 4 (empat) katagori suara, yaitu sopran, alto, tenor dan bass.
Adapun pelaksanaan Audisi Paduan Suara GBN tahun 2021 ini diikuti oleh kabupaten/kota seluruh Aceh yang telah lebih dahulu membuat seleksi tingkat kabupaten/kota di masing-masing daerah serta peserta dari jalur umum.

Menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkab Aceh Tamiang, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan karena kembali meraih posisi juara umum pada acara Audensi Gita Bahana Nusantara tahun 2021 tingkat Provinsi Aceh.

Adapun nama-nama peserta dari perwakilan Kabupaten Aceh Tamiang yang sukses meraih juara adalah sebagai berikut, Syahnas Farzia Dahni memperoleh Juara I, dan Dwi Fitri Rezki memperoleh Juara II kategori suara sopran, untuk kategori suara Alto Ananda Kayla Zahara Putri Nasada meraih Juara II, dan Ananda Puja Salsabilla Tami Br Tarigan meraih Juara III. 

Sementara Juara II kategori suara tenor diraih oleh Ananda Alfiqri Ramadhan dan Ananda Yangkin Marpaung, selanjutnya M. Arya meraih Juara II dan III kategori suara bass.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Kabid Dikjar Disdikbud Aceh Tamiang Mukhlis, M.Pd, saat dikonfirmasi, Jum'at (09/07/2021) menyampaikan, Audisi Gita Bahana Nusantara ini sudah berlangsung sejak tahun 2003 sampai dengan sekarang yang bertujuan untuk menyaring peserta paduan suara untuk tampil di Istana Negara pada puncak peringatan HUT RI.

Turut dijelaskan oleh Muklis bahwa dalam penyeleksiannya, para peserta mengawali audisinya di tingkat Provinsi Aceh, dan setiap peserta yang meraih peringkat pertama akan melanjutkan Audisi Tingkat Nasional, bergabung dengan peserta lainnya se-Indonesia untuk menjadi paduan suara nasional pada tanggal 25 Juli 2021 mendatang.

"Kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi genersi muda, membetuk jiwa karakter generasi muda serta menumbuhkan semangat kebangsaan dan kejuangan serta cinta tanah air melalui pewarisan dan internalisasi nilai nilai budaya bangsa. Khusus untuk para pemuda Aceh Tamiang, patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena dapat mempertahankan kembali predikat sebagai juara umum dan tetap mengirimkan utusannya ke Istana Negara. Menjadi bahagian dari paduan suara di Istana Negara merupakan impian para pemuda," ungkap Muklis.

"Prestasi yang kita raih ini merupakan hasil kerja keras para peserta, pelatih dan juga pemerintah daerah, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang yang telah memfasilitasi dan telah menyiapkan para peserta," pungkasnya.

Diketahui bahwa para peserta yang mengikuti audisi ini, dilatih oleh Kasi Kesenian dan Budaya Disdikbun Kabupaten Aceh Tamiang Elisa, S.Pd, M.Pd, bersama rekannya yang bernama Juanda Syahputra, SH.

"Kita berharap semoga anak-anak terus mengasah kemampuan mereka, dan terus bersemangat mengejar cita-citanya. Peserta yang meraih peringkat I, akan berangkat untuk dikarantinakan di Depok, Jawa Barat, pada akhir Juli 2021 mendatang," demikian disampaikan oleh Elisa.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini