-->








Yok Dukung! Pusat Konservasi Tuntong Laut Aceh Tamiang Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2021

16 Juli, 2021, 11.36 WIB Last Updated 2021-07-16T04:36:50Z

Tuntong Laut, satwa langka asal Aceh Tamiang

LINTAS ATJEH | ACEH TAMIANG - Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan ajang bergengsi tahunan pariwisata Indonesia yang mengangkat seluruh potensi destinasi hingga ke pelosok Nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Tamiang, Muslizar, Kamis (15/07/2021) menyampaikan, pusat konservasi yang dinamai Ujung Tamiang itu masuk dalam nominasi kategori ekowisata dan disejajarkan dengan delapan destinasi dari provinsi lain.

"Dalam kategori itu, ada sembilan destinasi ekowisata dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya merupakan Ekowisata Ujung Tamiang," ungkap Muslizar. 

Ujung Tamiang ini sendiri awalnya merupakan pusat konservasi tuntong laut, satwa asli Aceh Tamiang sejenis penyu yang hampir punah.

Secara rutin, petugas di penangkaran melakukan pelepasan liar tuntong laut ke pantai agar berkembang biak secara alami.

Muslizar mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn, terus membenahi membenahi pusat konservasi ini dengan melibatkan sejumlah pihak.

Di antaranya, lanjut Muslizar, Pertamina EP Field Rantau yang secara intens membenahi pusat konservasi ini sehingga berkembang menjadi destinasi wisata.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Keterlibatan pihak ketiga itu langsung memberi dampak perubahan besar karena Ujung Tamiang tidak lagi sekadar tempat konservasi tuntong laut.

Tapi kini berkembang menjadi taman edukasi sekaligus pengembangan ekonomi masyarakat.

Menurut Muslizar, kekayaan ekosistem di ekowisata ini telah menopang perekonomian masyarakat, misalnya sirup dari nipah dan terasi.

"Udang di kawasan itu menjadi bahan terbaik untuk terasi asli Tamiang, dan nipah yang sampai saat ini diolah masyarakat untuk sirup," ucapnya.

Namun untuk menjadi pemenang API 2021, masih sangat ditentukan oleh peran serta masyarakat melalui dukungan di media sosial dan SMS.

"Salah satu metode penilaian menggunakan media sosial dan SMS, kami berharap masyarakat mendukung Ujung Tamiang dalam API 2021," ajak Muslizar.[*/Red]
 

Komentar

Tampilkan

Terkini