-->








MPD Abdya Perkuat Peran dan Fungsi Komite Sekolah

30 Agustus, 2021, 18.42 WIB Last Updated 2021-08-30T12:08:06Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) perkuat peran dan fungsi komite sekolah melalui pelatihan peningkatan peran serta masyarakat dalam mewujudkan mutu pendidikan di kabupaten setempat.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Aula Bappeda Abdya yang dibuka langsung oleh Sekda Drs. Thamrin, Senin (30/08/2021).


Ketua MPD Abdya, Darwis menyebutkan, pelatihan penguatan peran dan fungsi komite tersebut berdasarkan hasil kunjungan pihaknya ke sekolah-sekolah dan pelaksanaan publik hearing, monitor dan evaluasi dengan masyarakat beberapa waktu lalu.


Dalam pelatihan itu, pihak MPD mengundang sebanyak 58 orang komite sekolah yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Abdya.


"Dari hasil publik hearing, monitor dan evaluasi yang kita lakukan, banyak kita dapati para komite sekolah tidak paham akan peran dan fungsi mereka sebagai komite," jelas Darwis.


Tujuan kegiatan tersebut lanjutnya, untuk meningkatkan kapasitas komite sekolah terhadap kemajuan pendidikan di Abdya sesuai dengan standar nasional.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Kita juga menemukan sekolah yang tidak lengkap pengurus komitenya, ada juga yang tidak sepaham dengan kepala sekolah. Kemudian, ada juga komite sekolah yang tidak tahu tugas dan fungsinya. Oleh karena itu, melalui pelatihan ini kita berharap agar komite ini benar-benar bisa membantu pihak sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan," paparnya.


Di kesempatan yang sama Sekda Abdya, Drs. Thamrin mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.


"Semoga dengan terlaksananya kegiatan Pelatihan Komite Sekolah dalam rangka penyelenggaraan Sistem Informasi Pendidikan Aceh ini. Semoga ke depannya dapat menghasilkan output yang maksimal di Kabupaten Abdya khususnya," ungkap Thamrin.


Menurut Thamrin, dalam membangun dan meningkatkan taraf pendidikan di sebuah daerah, perlu adanya peningkatan kualitas daerah itu sendiri, termasuk peningkatan sumber daya manusianya. 


"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Abdya sangat mendukung kegiatan pada hari ini. Secara tidak langsung kegiatan pelatihan komite sekolah ini sejalan dengan visi misi Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan dukungan maksimal  terhadap pendidikan formal dan informal," pungkasnya.


Dalam kegiatan itu, turut hadir Ketua DPRK Abdya Nurdianto, unsur Forkopimkab, Kepala Dinas Pendidikan Jauhari, dan para tamu undangan lainnya.[Wahyu]

Komentar

Tampilkan

Terkini