-->




 


Manfaatkan Lahan Kosong, KKN K31 Unimal Berkebun Menjaga Ketahanan Pangan Warga

06 November, 2021, 18.05 WIB Last Updated 2021-11-06T11:40:17Z
LINTAS ATJEH | ACEH UTARA  - Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) tengah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) salah satunya kelompok 31, bertempat di Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, menyelenggarakan kegiatan dengan mengusung tema Menjalin Kerjasama antara Mahasiswa dan Masyarakat untuk mencapai Desa Tambon Tunong yang Sehat, Cerdas dan Terampil, Jumat (05/11/2021).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar wawasan dan kecintaan mahasiswa beserta masyarakat desa terhadap tanaman terutama yang bermanfaat lebih tinggi.

Koordinator Seksi Acara KKN Unimal, Muhammad Furqan memberikan alasan terkait pengadaan dan penentuan program kerja ini.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

“Kami berusaha dan berupaya membantu menangkal dan membuat kegiatan produktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada saat pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanaman sayur-sayuran ini, dimana pada tanaman sayur-sayuran ini terdapat sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia,” ujar Furqan.

Menurut Furqan, warga di sana bisa mendapatkan bahan memasak kapan saja tanpa harus berbelanja.

“Edukasi juga secara ekonomis, warga tinggal menanam, merawat, dan panen untuk bahan sayur makanan keluarga. Hal ini tentu lebih sehat dan bersih,” terangnya.

Sedangkan Sadiqul Amin selaku penanggungjawab proker berpendapat bahwa pemilihan proker ini berawal dari melihat Desa Tambun Tunong memiliki lahan yang cocok dan bisa dimanfaatkan pekarangannya untuk menanam sayur.

"Salah satunya sayur bayam, kangkung dan lain-lain. Hal itu bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan warga," jelasnya. 

Lebih lanjut, Sadiqul menjelaskan bahwa proker dari Tim KKN-PPM Kelompok 31 Unimal bisa berkesan dan memiliki manfaat yang tidak sesaat.

“Artinya proses dan hasil dari KKN Desa Tambun Tunong sendiri dapat dikembangkan oleh masyarakat sehingga berdampak panjang,” imbuh Sadiqul.

Sementara Ibrahim sebagai pemilik lahan sekaligus Warga Dusun 2 sangat mendukung proker Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 31 Universitas Malikussaleh.

"Lahan yang sebelumnya sudah tidak dimanfaatkan kini dapat dimanfaatkan kembali sehingga hasil akhir dari proker nantinya dapat bermanfaat bagi warga setempat, untuk menunjang ketahanan pangan masyarakat khususnya Dusun 2 Gampong Tambon Tunong," ujarnya.

Untuk tanaman sayur-sayuran yang dikembangkan oleh Tim KKN-PPM Kelompok 31 Unimal selanjutnya diserahkan kepada warga Desa Tambun Tunong agar dapat dikembangkan dan dikonsumsi sendiri.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini

hukrim

+