-->








Pria Lulusan STM Lamongan Buat 3 Pesawat, Dua Dibeli Pemerintah Ceko

16 Desember, 2021, 13.30 WIB Last Updated 2021-12-16T06:30:19Z
Pesawat jenis STOL karya Suyanto, sedang diparkir di depan rumahnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan.(KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH)

LINTAS ATJEH | LAMONGAN -Seorang pria asal Lamongan, Jawa Timur bernama Suyanto merancang dan membawa pulang pesawat hasil karyanya. Pria bernama Suyanto (42) itu sempat menyita perhatian warga sekitar. Dia mengaku, sengaja membawa pesawat buatannya ke kampung halamannya di Lamongan untuk menunjukkan pada orangtua dan warga di kampungnya.

"Pertama untuk membuktikan bahwa anak bangsa juga bisa membuat pesawat sekelas Amerika," tutur Suyanto, Rabu (15/12/2021). Lantas siapa sosok Suyanto?

Suyanto merupakan lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) di Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur. Dia kemudian bekerja ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). "Saya hanya lulusan STM tapi sempat jadi TKI di Republik Ceko," katanya.

Dia mengaku, pernah bekerja di perusahaan pesawat terbang saat menjadi TKI di Ceko. Keahlian membuat pesawat tersebut, menurutnya, didapat dari perusahaan tersebut. Suyanto mengaku telah membuat tiga pesawat. Dua di antaranya laku dibeli pemerintah Republik Ceko.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

"Setelah tidak lagi menjadi TKI saya menetap di Ciamis, rumah istri, sekalian coba buat pesawat dari pengalaman yang saya dapat. Sudah tiga ini (pesawat yang dibuat), dua lainnya sudah dibeli oleh pemerintah Republik Ceko tahun lalu," tutur Suyanto.

Pesawat buatan Suyanto Adapun pesawat jenis STOL hasil karya Suyanto memiliki ukuran panjang 7 meter dan lebar 9 meter dengan kapasitas dua orang penumpang. Pesawat memiliki kecepatan maksimal mencapai hingga 180 km/jam."Durasi terbang bisa sampai 4 jam, dengan kapasitas bahan bakar 80 liter, Pertamax. Menggunakan mesin mobil (Honda) Jazz RS 2015," kata Suyanto.

Suyanto menegaskan, pesawat jenis STOL yang dibuatnya ini sudah siap diterbangkan. Ia hanya perlu menunggu uji kelaikan dari pihak terkait, sekaligus selanjutnya menyusul pembuatan identitas untuk pesawat. "Saat ini, semuanya masih dalam proses," ucap Suyanto.

Menurutnya, pesawat hasil karyanya itu akan diresmikan oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Lamongan. "Rencananya akan diresmikan oleh KSAU pada Januari nanti. Karena saya asli Lamongan, jadi saya merasa terpanggil agar itu dilakukan di Lamongan," tutur Suyanto.

Seluruh proses desain hingga pengerjaan pesawat dilakukan oleh Suyanto seorang diri di kempung halaman istrinya di Kecamatan Lakbok, Ciamis.

"Untuk bahan, hampir semuanya saya datangkan dari luar negeri," ucap Suyanto. Kemudian pesawat dipisahkan menjadi beberapa bagian seperti sayap, baling-baling hingga roda agar lebih mudah diangkut. Selanjutnya pesawat diangkut menuju ke Lamongan. "(Pesawat) baru tiba Minggu kemarin, diangkut pakai truk," ujar Suyanto.[SRIPOKU.COM]
Komentar

Tampilkan

Terkini