-->



Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Ini yang Dilakukan Satgas 114/SM

21 Januari, 2022, 08.55 WIB Last Updated 2022-01-21T01:55:57Z

LINTAS ATJEH | NDUGA - Guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Satgas Yonif RK 114/Satria Musara berupaya menghidupkan kembali pasar rakyat dikawasan pegunungan tengah tersebut.
 

"Kehidupan masyarakat di pegunungan tengah Nduga jauh dari keramaian dan hiruk pikuk  seperti halnya di kota kecil wilayah Papua lainnya. Ini disebabkan terbatasnya akses transportasi menuju wilayah tersebut dan fasilitas komunikasi yang belum ada sehingga menghambat peningkatan perekonomian," tulis Dansatgas Letkol Inf Putra Negara, SH, M.Han melalui pesan WhatsApp kepada LintasAtjeh.com, Jum'at (21/01/2022).


Letkol Putra menjabarkan, hasil kebun rakyat berupa sayur-mayur, buah-buahan serta umbi-umbian yang dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat setempat merupakan gambaran kehidupan masyarakat di Distrik Mbua Kabupaten Nduga.


Untuk itu, sambung Letkol Putra, Satgas RK 114/Satria Musara berupaya agar meningkatkan perekonomian masyarakat melalui rangsangan untuk menghidupkan pasar rakyat. Ide ini muncul berawal dari kegiatan keseharian masyarakat Distrik Mbua terutama mama-mama yang tidak jarang mendatangi Pos Mbua untuk menukar hasil kebun dan kerajinan tangan berupa kalung anggrek, gelang anyaman dan noken dengan bahan makanan seperti beras, mie instan, gula, kopi, sabun dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Karena itu pentingnya memberikan contoh dan rangsangan agar tradisi lama dengan cara barter diganti menjadi kegiatan ekonomi dalam bentuk jual beli sehingga dapat sedikit merubah dan membantu ekonomi keluarga dan masyarakat lebih meningkat," terangnya.


“Jika tidak digerakkan oleh komponen masyarakat perubahan dari segi perekonomian akan sangat sulit. Jadi kita yang mengerti harus mengawali serta memberikan contoh dan pelajaran kepada masyarakat sehingga dapat merubah pola meningkatkan kehidupan ekonomi,” imbuh Dansatgas.


Untuk menghidupkan pasar rakyat di daerah tersebut, Satgas Yonif RK 114/SM bersama tokoh agama dan adat menjadikan bekas Landasan Bandara Perintis Distrik Mbua sebagai lokasinya.


"Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan adanya pasar rakyat itu juga mempermudah anggota yang bertugas di wilayah tersebut dalam mendapatkan sayur-mayur," pungkas Dansatgas.[Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini