-->








Disnakertranmobduk Aceh Latih Kerajinan Produk Motif Situnjong

04 Maret, 2022, 18.22 WIB Last Updated 2022-03-04T11:22:57Z
LINTAS ATJEH | ACEH SELATAN - Terangkatnya motif Bungong Situnjong khas Aceh Selatan ke permukaan dalam tiga tahun terakhir ini mengundang perhatian serius Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Mobilitas Penduduk (Disnakertranmobduk) Aceh. 

Melalui Bidang Tenaga Kerja dan Penempatan Kerja, dinas ini merespon animo masyarakat dan pasar dengan mewujudkan sentra Gampong Kreatif berbasis motif Situnjong di Desa Ujung Padang Asahan, Kecamatan Pasieraja, Kabupaten Aceh Selatan. 

Menurut Kabid Tenaga Kerja dan Penempatan Kerja, Aswar kepada media LintasAtjeh.com, pada saat pembukaan di Desa Padang Asahan, Jum'at (04/03/2022), pihaknya ingin memanfaatkan potensi pengembangan produk berbasis motif khas Aceh Selatan ini untuk menggerakkan industri dan ekonomi kreatif. 

"Untuk itu kami melatih 20 orang masyarakat potensial agar klaster ekonomi baru ini dapat bergerak. Tentunya kegiatan ini diharapkan akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat dan secara luas akan memberi added value dan multi efek," ungkap Aswar. 
 
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Selatan, Masriadi, S.STP, M.Si, dalam sambutannya mengharapkan agar peserta benar-benar memanfaatkan program pemerintah ini dengan sebaik-baiknya dan menumbuhkembangkan industri ekonomi kreatif harus terwujud di desa ini. 

"Phaknya berharap lembaga perbankan daerah yaitu Bank Aceh turut mengambil andil untuk memberdayakan dan memajukan ekonomi masyarakat berbasis home industri ini," pinta Masriadi. 

Hadir sebagai salah satu narasumber Dr.  Muhammad Yasar, S.TP, M.Sc, Akademisi Universitas Syiah Kuala yang turut giat mengembangkan motif Bungong Situnjong.
Menurut Yasar, kehadiran motif Situnjong telah memperkaya khasanah motif Aceh. Selama ini kita sangat mengenal motif Pinto Aceh dan Kerawang Gayo. Sekarang ada Situnjong dari Aceh Selatan sebagai tambahannya. 

“Upaya pemerintah mewujudkan desa sentra Situnjong ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik sekaligus akan menjadi profil atau karakter baru bagi masyarakat Aceh Selatan," jelas Yasar. 

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Selatan, Bappeda Aceh Selatan, Bank Aceh Cabang Tapaktuan, Camat Pasieraja, dan Keuchik Gampong Ujong Padang Asahan. Acara yang akan berlangsung selama 16 hari ini dilaksanakan di Awi Bordir Desa Ujong Padang Asahan.[Baihaki /Datok R]
Komentar

Tampilkan

Terkini