-->




 


Di Abdya Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Naik

18 April, 2022, 17.51 WIB Last Updated 2022-04-18T10:54:03Z

LINTAS ATJEH | ABDYA - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali mengalami kenaikan sejak kemarin. 

"Harga TBS kelapa sawit yang saat ini kita beli pada tingkat petani sebesar Rp2.800 hingga Rp2.820 per kilogram," kata Yusran, salah seorang pemegang Surat Pesanan (SP) di Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT. Mon Jambe di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Abdya, Senin (18/4/2022).

Dia juga mengatakan, kalau medannya mudah di lalui pada saat pengangkutan dari kebun petani, maka TBS akan beli pada tingkat petani sebesar Rp.2.820 per kilogram. Tapi, kalau medannya susah di lalui mereka hanya membeli Rp.2.800 per kilonya," terang Yusran.

Sementaralanjutnya, ditingkat pabrik, harga TBS kelapa sawit yang di ambil dari pemegang SP, sebesar Rp.3.050 per kilonya.

"Rata-rata bedanya Rp.200 per kilogram, sebelumnya harga TBS kelapa sawit di Kabupaten Abdya kita beli pada tingkat petani Rp.2.600 per kilonya," ujar Yusran.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 


Sementara itu, Humas PMKS PT. Mon Jambe, Kalmi membenarkan bahwa harga TBS kelapa sawit  mengalami kenaikan sejak kemarin sore.


“Ia benar, harga TBS kelapa sawit  mulai naik kemarin, sekarang harganya tembus Rp.3.050 per kilogram,” sebutnya.


Kenaikan harga TBS menurut Kami, disebabkan naiknya harga Crude Palm Oil (CPO). Otomatis perusahaan juga menaikan harga beli TBS.


Untuk sementara lanjut Kalmi, pihaknya belum bisa memprediksi apakah harga TBS akan kembali naik, sebab kenaikan harga TBS tergantung harga CPO.


“Untuk ke depannya belum bisa kita pastikan, apakah harga TBS akan naik lagi, karena itu tergantung dari harga CPO,” pungkasnya.[WA]

Komentar

Tampilkan

Terkini

hukrim

+