-->




 


BRI Memberdayakan Pengusaha Kopi Gayo Hingga ke Amerika

19 April, 2022, 13.01 WIB Last Updated 2022-04-19T06:01:09Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI selalu fokus dalam membangun ekonomi masyarakat. Salah satu buktinya, dirasakan oleh pemuda yang berasal dari Desa Lampahan, Bener Meriah, Muhammad Anzar Nawi pria berusia 31 tahun. 

Anzar memulai usaha kopinya dengan mengemas bubuk kopi dengan ukuran mulai dari 100 gr-500 gr. Kemudian bubuk kopi ini dititip dari souvenir ke souvenir yang ada di Kota Banda Aceh. Usaha ini dijalani oleh Anzar sembari menjalani perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Di sela-sela jadwal kosong kuliah, Anzar mengantar dan mengecek bubuk kopinya yang dititip di toko souvenir.

Tahun demi tahun berlalu, bubuk kopi Anzar banyak disukai oleh para pecinta kopi baik dari Aceh maupun dari luar Aceh. Dengan adanya permintaan pasar yang kian besar, Anzar kemudian  semakin bersemangat mengembangkan usahanya. Atas dasar kebutuhan modal untuk membangun usaha, sahabat Anzar pun mengenalkannya ke BRI. Saat itu Anzar mendapat kredit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp. 50.000.000,-

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dana yang dipinjam ini, dimanfaatkan oleh Anzar untuk membeli alat-alat produksi sewa toko yang kecil dan menambah pembelian bahan baku dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Alhamdulillah sampai akhirnya usaha kopi yang dijalani oelh Anzar semakin meningkat omset yang diperolehnya. Alhamdulillah, BRI bukan hanya memberikan pinjaman namun juga ikut membantu promosi kopi Anzar yang diberi merk “Muniru Coffee” di setiap event yang diselenggarakn oleh Bank Rakyat Indonesia. 
"Tidak berhenti sampai disini, BRI menargetkan usaha Anzar ini harus bisa sampai ke luar negri agar kopinya bisa dirasakan oleh seluruh dunia," ujar Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI.

Oleh karena itu, lanjut dia, hari ini BRI membawa Muniru Coffee pada Acara Specialty Coffee Expo pada tanggal 8-10 April 2022 di Boston Amerika Serikat. Pameran ini merupakan pameran kopi tahunan terbesar di Amerika Serikat. 

"Pameran kopi ini diselenggarakan oleh Atase Perdagangan Washington DC yang bekerjasama dengan BRI New York Agency," tandasnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini

hukrim

+