-->








DPR Usul Aceh Jadi Satu-satunya Embarkasi Keberangkatan Haji

29 Juni, 2022, 12.36 WIB Last Updated 2022-06-29T05:36:48Z
Ilustrasi embarkasi haji (Foto : Ist)

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Aceh diusulkan menjadi satu-satunya embarkasi dalam memberangkatkan jemaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi. Tujuannya, untuk menekan biaya haji.

Menurut Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, ada beberapa alasan yang menjadikan usul ini penting untuk dipertimbangkan. Yaitu terkait dengan jarak tempuh yang lebih singkat dan adanya nilai sejarah.

"Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekkah," ujar Dasco dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dasco berharap, usulan ini juga dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien.

"Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi para jamaah haji. Namun, tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal," kata Dasco.

Untuk itu, Ketua Harian Partai Gerindra ini meminta agar komisi teknis terkait, yaitu Komisi VIII DPR RI dan juga Kementerian Agama RI (Kememag) untuk mengkaji usul tersebut secara lebih mendalam dan komprehensif.

Diketahui, pada tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) sudah memutuskan untuk pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi. Di antaranya Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.[iNews.id]
Komentar

Tampilkan

Terkini