-->



Peran Mahasiswa Mewujudkan Gampong Nusa Terbaik Terbaik dalam Bidang Administrasi dan Pelayanan Gampong

16 Agustus, 2022, 11.56 WIB Last Updated 2022-08-16T08:02:04Z
TANGGAL 11 Juli 2022 bertepatan pada pukul 09:30 WIB,  Dosen FISIP UIN Ar-Raniry yang dipimpin oleh Dekan FISIP, Dr. Erita Dewi, S.Ag., M.Hum, beserta jajarannya melakukan acara pelepasan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Administrasi Negara untuk melaksanakan bakti sosial selama 10 hari dari tanggal 11 s.d 20 Agustus 2022. Ini adalah kegiatan tahunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan yang dilaksanakan setiap tahunnya yaitu bakti sosial.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Mahasiswi dan beserta Dosen FISIP dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Adapun dari mahasiswa yang berasal dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara sendiri berjumlah 10 orang  perwakilan dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari angkatan 2019 dan 2020.

Adapun dari angkatan 2019  terdiri dari 5 anggota yaitu diantaranya Iqbal Muttaqin, Desty Yushardina Putri,  Muhammad Zulham, Syarifah Rizqa Maghfirah, dan Rahmad Muhayat Syah, 

Sedangkan dari angkatan 2020 terdiri dari 5 Anggota juga yaitu Muhammad Aditia Rizki, Abid Rifaldi, Siti Zahara, Dina Hanifa, dan Sriwiningsih.

Gampong Nusa merupakan sebuah desa yang berlokasi Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Gampong Nusa terkenal dengan kearifan lokal yang sangat terjaga kelestariannya. Salah satunya adalah homestay dan kegiatan lainnya yang memajukan desa.

Gampong Nusa ini menjadi juara 1 terbaik kategori homestay dengan pelestarian wisata terbaik di seluruh indonesia bukan hanya itu saja masyarakat di gampong ini sangat ramah terkadang kita berfikir secara logika yang mendalam kebanyakan masyarakat gampong lainnya paling anti terhadap orang baru atau pendatang, tetapi di Gampong Nusa ini tidak sama sekali. Mereka dengan mudah bisa menerima pendatang. Ini yang menjadi salah satu keunggulan desa tersebut.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Adapun budaya yang diterapkan disini, salah satunya menggunakan paket kenduri adat yang terdata dalam kegiatan, kenduri maulid, kenduri blang, kenduri perkawinan, kenduri peringatan tsunami Aceh serta kenduri peutamat darus.

Dan kesenian tradisinional mereka salah satunya adalah seni Tari dan Dalail Khairat (doa). Mungkin hanya itulah sejarah singkat yang bisa saya paparkan. Kami sebagai mahasiswa dan mahasiswi sangat semangat dalam melaksanakan bakti sosial di Gampong Nusa ini.

Adapun program kerja yang insya Allah kami lakukan untuk perkembangan Gampong Nusa yaitu:

- Pelatihan tata kelola administrasi gampong
- Pengelolaan administrasi gampong 
- Ramah tamah bersama masyarakat 
- Pelatihan pelayanan publik 
- Pembuatan alur pelayanan dasar 
- Pelatihan informasi gampong 
- Pembuatan website gampong 
- Pelatihan pengelolaan arsip keluarga 
- Penutupan kegiatan bakti sosial 

Selanjutnya pada malam hari, Selasa 15 Agustus 2022 sekira pukul 19.30 wib,  kami mahasiswa dan mahasiswi beserta dosen melaksanakan rapat agar proker bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Sesuai dengan isi rapat tersebut yang paling sangat dibutuhkan di Gampong Nusa ini adalah:

- Website gampong 
- Alur pelayanan pembuatan ktp, kk, akta kelahiran, surat kematian dll.

Maka dari itu kami, Dosen IAN beserta mahasiswa dan mahasiswi IAN sangat siap untuk melakukan revolusi mengenai semua yang dijelaskan di atas untuk membuat Gampong Nusa bukan hanya terkenal di wisata melainkan di pelayanannya juga, agar Gampong Nusa benar-benar bagus di segala arah baik itu kebijakanya, birokrasinya, pelayanan, kesehatan, pendidikan, wisata dll.

Harapan penulis, dengan pelayanan yang baik dan pariwisata yang stabil, Gampong Nusa akan selalu tetap nomor 1, baik  di Indonesia maupun Internasional. Menjadi panutan pariwisata dan arus  pelayanan di seluruh pariwisata di Indonesia dan menjadikan Gampong Nusa yang  terbaik di mata Indonesia dan luar negeri.

Penulis: Muhammad Aditia Rizki (Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UIN Ar-Raniry) 
Komentar

Tampilkan

Terkini