-->


Dema STAI Tapaktuan Gelar LKMTD

04 Oktober, 2022, 13.13 WIB Last Updated 2022-10-04T06:14:52Z

LINTASATJEH | ACEH SELATAN Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tapaktuan menyelenggarakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMTD) di Tapaktuan, Senin (3/10/2022).

LKMT bertema Optimalisasi Pengurus Dema Menjadi True Leader Bagi Mahasiswa STAI Tapaktuan. Adapun narasumber kegiatan tersebut masing-masing Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Bapak Cut Syazalisma, Kasat Binmas Polres Aceh Selatan AKP. Harun dan Trainer Muda Zulfahmi Hasman.


Zulfahmi Hasman saat menyampaikan materi tentang membentuk sikap dan etika kepemimpinan mahasiswa yang responsif dan kompeten. Dia menyampaikan kewajiban dan tanggungjawab mahasiswa tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.


"Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Ketiga faktor itu memiliki hubungan yang sangat erat dengan lainnya," jelasnya.


Dia menjelaskan, pendidikan digunakan sebagai landasan untuk memulai suatu penelitian. Kegiatan penelitian merupakan langkah awal untuk mengabdi kepada masyarakat. Sementara pengabdian masyarakan tujuan utama dari adanya pendidikan dan penelitian.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM


"Konsep kesuksesan dalam organisasi adalah dimana gagasan itu dilahirkan oleh orang-orang cerdas, dijalankan oleh mereka yang setia dan pada saatnya di eksekusi oleh orang-orang yang berani," ucapnya.


Kasat Binmas Polres Aceh Selatan, AKP Harun, mengatakan, LKMTD, yang dilaksanakan oleh DEMA STAI Tapaktuan adalah salah satu kegiatan yang sangat baik dalam mempersiapkan pemimpin  masa depan yang berkarakter dan islami.


"Hanya dengan pelatihan-pelatihan kita bisa mendapatkan itu semua,  saran kami kegiatan seperti ini bisa dijadikan agenda akademik dan dilaksanakan secara berkala," kata AKP Harun saat memberikan materi tentang Peran dan Fungsi Mahasiswa sebagai Agent Of Change dan Social Control dalam kemajuan Bangsa dan Negara di tengah arus Globalisasi.


Dalam materinya, AKP. Harun menyampaikan peran mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat yaitu mahasiswa menyampaikan aspirasi masyarakat ke pemerintah, kontrol politik dan penyambung lidah pemerintah ke masyarakat.


Sementara Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma, mengatakan, pemerintah mendukung kegiatan yang dilakukan STAI Tapaktuan. 


Bapak Bupati Aceh Selatan sangat tertarik dengan STAI Tapaktuan dengan program-program yang dijalankan. Saat menyampaikan materi, Cut Syazalisma menekankan peserta pelatihan LKMTD agar mencontohkan pola kepemimpinan Rasulullah SAW.


"Sifat kepemimpinan Rasulullah SAW itu ada empat yakni Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah," ucap Sekretaris Daerah Cut Syazalisma.[FA]

Komentar

Tampilkan

Terkini