-->








Piala Dunia 2022: Timnas Korea Selatan Lolos Usai Kalahkan Portugal, Simak 7 Fakta Menarik

03 Desember, 2022, 07.14 WIB Last Updated 2022-12-03T00:14:54Z

Para pemain Korea Selatan merayakan setelah pertandingan saat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, 2 Desember 2022. REUTERS/Fabrizio Bensch

LINTAS ATJEH | JAKARTA - Timnas Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 pada pertandingan Grup H, di Stadion Education City, Ar Rayyan, Qatar, Jumat malam, 2 Desember. Portugal juga tetap lolos sebagai juara grup.

Portugal sempat unggul melalui gol dari Ricardo Horta, tetapi Korea Selatan membalas berkat Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan.

Berkat kemenangan ini, Timnas Korea Selatan lolos ke babak selanjutnya dengan status runner-up grup. Mereka mengemas empat poin, unggul produktivitas gol dari Uruguay di tempat ketiga (4-4 berbanding 2-2).

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Simak sejumlah statistik dan fakta dari laga Korea Selatan vs Portugal:

1. Korea Selatan, yang tampil dalam Piala Dunia ke-11, lolos ke babak gugur untuk ketiga kalinya. Torehan terbaik mereka adalah urutan keempat pada 2022, saat menjadi tuan rumah bersama Jepang.

2. Pada 2022, mereka juga lolos ke babak 16 besar dengan mengalahkan Portugal (1-0) alam laga terakhirnya. Bedanya saat itu mereka menjadi juara grup dan Portugal tersingkir.

3. Paulo Bento bermain untuk Portugal pada 2002. Saat melawan Korea ia tampil penuh dan harus melihat timnya kalah oleh gol Park Jisung. Kini, 20 tahun kemudian, ia ada di kursi pelatih Portugal. Timnya kembali kalah oleh Korea, tapi tetap lolos.

4. Korea Selatan juga mampu memenangi laga terakhri babak grup Piala Dunia 2022. Kala itu mereka mengalahkan Jerman 2-0 dan membuat juara bertahan itu tersingkir. Namun, mereka sendiri gagal lolos.

5. Empat dari tujuh gol terakhir Korea Selatan di Piala Dunia telah dicetak pada menit ke-90 atau setelah babak kedua.

6. Diogo Dalot terlibat langsung dalam empat gol di tiga penampilan terakhirnya untuk Portugal di semua kompetisi (2 gol, 2 assist).

7. Di babak 16 besar, Portugal yang juara grup akan menghadapi Swiss pada 6 Desember. Korea Selatan akan melawan Brasil, sehari sebelumnya.[tempo.co]

Komentar

Tampilkan

Terkini