-->




Awal Tahun 2023, Gempa Magnitudo 3,6 Getarkan Aceh Besar

01 Januari, 2023, 08.44 WIB Last Updated 2023-01-01T01:44:27Z

Getaran Gempa Bumi di Jantho Aceh Besar Dirasakan Hingga Sigli /BMKG/
 
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Awal tahun 2023, wilayah Jantho, Aceh Besar diguncang gempa dengan berkekuatan Magnitudo 3,7 pada Minggu 1 Januari 2023 sekira pukul 00.22 WIB.


Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa di koordinat 5.29 LU-95.69 BT dan pusat gempa berada di darat 10 km Timur Laut Jantho-Aceh Besar.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho melaporkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.14 LU dan 94.75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 km BaratDaya Jantho-Aceh Besar pada kedalaman 17 km.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas lempeng subduksi zona megathrust Andaman," sebutnya.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Aceh Besar II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan aftershock. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya" ucap Hendro.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.[*/Red]

Komentar

Tampilkan

Terkini