-->




Dampak E-Commerce Bagi Indonesia dalam Ruang Lingkup Perekonomian Pemprov Aceh

03 Mei, 2023, 20.08 WIB Last Updated 2023-05-03T13:08:36Z
E-COMMERCE adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan lewat dunia maya (internet), dengan memanfaatkan kemajuan teknologi para pengguna e-commerce Dapat melakukan penjualan, pebelian dan lain-lain. E-commerce sangat Menguntungkan untuk para penggunanya karena memudahkan untuk pembeli Yang menginginkan suatu barang tanpa harus bepergian untuk membelinya. 

Sekarang sudah semakin banyak bermunculan online shop ataupun perusahan-Perusahaan yang menjual berbagai macam barang melalui media e-commerce Dengan cara hanya dengan membuat website. Tanpa harus bersusah payah untuk Pergi ke pasar ataupun pusat perbelanjaan lain untuk membeli barang yang Diinginkan kita bisa dengan mudah mendapatkan barang tersebut dengan media e-Commerce dan kita bisa melakukan transaksi jual beli dengan media e-commerce juga. 

Jenis-jenis e-commerce 
1. B2B (Business to Business)
2. B2C (Business to Consumer)
3. C2C (Consumer to Consumer)
4. C2B (Consumer to Business)

Platform E-Commerce Terpopuler 

Beberapa platform e-commerce yang populer di Indonesia antara lain Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Selain itu, terdapat juga platform e-commerce internasional seperti Amazon dan Alibaba. 

E-Commerce Meningkatkan Perekonomian

E-commerce dapat meningkatkan perekonomian dengan cara memperluas pasar dan meningkatkan produktivitas ekonomi negara yang mmenerapkannya. Dalam industri-industri skala kecil, e-commerce dapat memperluas cakupan pasar dan cara promosi terhadap produk yang ditawarkan. Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia diprediksi mencapai US$ 21,2 miliar dengan tingkat pertumbuhan CAGR 37,4% untuk mencapai US$ 104 miliar di tahun 2022. Saat ini, industri e-commerce telah berdampak positif bagi lapangan kerja Indonesia dengan estimasi 4 juta pekerja terhubung dengan ekosistem ini.

Keuntungan Menggunakan E-Commerce

E-commerce memiliki banyak keuntungan bagi penjual dan pembeli. Beberapa keuntungan e-commerce bagi pembeli antara lain dapat mendukung tingginya mobilitas masyarakat, seperti e-commerce yang menawarkan fasilitas pembeli dapat membeli barang secara online dan mengambil barangnya secara offline di toko retail. Selain itu, e-commerce memungkinkan pembeli menjelajah jutaan barang hanya dalam sekali genggaman di ponsel pintar mereka. 

Sementara itu, beberapa keuntungan e-commerce bagi penjual antara lain adalah dapat melewati batasan geografis dan memperluas pasar. dan juga e-commerce  dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan. Dengan menggunakan e-commerce, pelanggan juga dapat menghemat waktu untuk berbelanja apa yang mereka inginkan.

E-Commerce Bagi Kinerja Keuangan UMKM di Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh adalah kota yang mana UMKM sangat di andalkan sebagai aset Utama dalam menggerakkan perekonomian. Pergerakan UMKM sangat dibutuhkan untuk perkembangan pariwisata di banda Aceh sendiri.Adapun maksud utamanya yaitu, membuka peluang permodalan lebih luas Lagi bagi para UMKM. Tujuan lainnya juga seperti memberantas rentenir yang banyak Menjerat usaha-usaha kecil. Agar terciptanya UMKM yang berkhualitas dalam pemasaran, jadi pola pengembangan harus diubah dari yang dulunya tradisional menjadi professional (yang dimana menggunakan teknologi yang lebih mendukung). 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

E-commerced Dapat menjadi suatu akses UMKM menembus pasar ekspor. Karena Teknologi digital Memudahkan UMKM mencapai pasar internasional yang mana perkembangan teknologi Semakin murah yang dapat membuka peluang untuk UMKM menggunakan e-commerce bagi Perusahan Operasional perusahaan. 

Adapun peran E-Commerce dapat meningkatkan UMKM di Aceh karena masyarakat sering menggunakan handphone dalam beraktivitas, dan dengan adanya E-Commerce memudahkan masyarakat untuk berbelanja, dan para pelaku UMKM yang menggunakan media sosial sebagai tempat berdagang akan mendapatkan pasar yang lebih luas dan mendapatkan pemasukan lebih banyak. 

Adapun dampak yang di hasilkan dari E-commerce ialah Mematikan pedagang kecil yang tidak mampu dalam mengakses internet. 

E-commerce mempermudah kan masyarakat dalam berbelanja mau dimana dan kapan pun tidak ada batas waktu, jauh berbeda dari pasar tradisional dalam hal waktu dan harga, dalam platform e-commerce pedagang menjual dengan harga tetap tetapi Cuma di kenak kan biaya tarif ongkir saja. Pasar tradisional memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

Penulis: Jumfazli (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Komentar

Tampilkan

Terkini