-->

Pacu Progres APBDes, Gandapura Latih Oprator Seluruh Desa

28 Agustus, 2023, 12.03 WIB Last Updated 2023-08-28T05:03:23Z
LINTAS ATJEH | BIREUEN - Sebanyak 40 orang operator Gampong perwakilan dari sejumlah Gampong di Kecamatan Gandapura ikut penguatan input data di aplikasi Siskeudes pada  hari Senin (28/29).

Sebagaimana di amanatkan dalam peraturan Mentri dalam Negeri no.20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa serta peraturan Bupati  Bireuen nomor 1 tahun 2019 tentang pengelolaan dana gampong maka kecamatan Gandapura input beberapa data keuangan di aplikasi Siskeudes.

Operator mengikuti acara pengimput data itu untuk lebih mendalami lagi aplikasi Sistem Keu­angan Desa (Siskeudes) di Balai desa kecamatan setempat, 

kegiatan satu hari ini hanya untuk menambah serta updet data keuangan terbaru yang menyeluruh terkait aplikasi dan data lain setiap gampong yang harus di input.

Mengingat operator gampong selaku pengelola setiap aplikasi pengelolaan bantuan dana Gampong harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang memadai tentang pengoprasian aplikasinya.

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Kasi PMG Kecamatan Gandapura Arbaiyah A.Md selaku panitia kepada media mengatakan konsep e-commerce dan layanan pemerintah Gampong lainnya untuk memberikan informasi transparansi publik mengenai aktivitas Gampong terutama terkait keuangan APBDes.

"Untuk memicu perkembangan keuangan gampong mereka perlu dikuatkan pemahaman lagi walau mereka semua sudah pernah dilatih,"sebut Arbaiyah.

Kasi PMG menambahkan bahwa Suskeudes aplikasi aplikasi alur pendistribusian atau perkembangan keuangan desa yang selama ini di kerjaan untuk memicu pengajuan DD Tahap III dan BLT tahap ke tahap yang masih sangat kurang dilaporkan ke aplikasinya.

"Pelatihan se hari penuh ini intruksi Kabupaten kepada Kecamatan mengingat ada Gampong yang belum melaporkan perkembangan Keuangannya dalam aplikasi," tutup kasi PMG kecamatan itu.

Penguatan Siskeudes sehari itu yang langsung melibatkan pendamping desa langsung melatih operator  Gampongmya masing-masing.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini