-->

Pusat Studi Gender dan Anak Melakukan Sosialisasi ke UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe

08 Desember, 2023, 18.26 WIB Last Updated 2023-12-08T11:26:49Z
LINTAS ATJEH | BANDA ACEH - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) melakukan sosialisasi ke UPTD Rumoh Sejahtera Aneuk Nanggroe Banda Aceh dalam rangka 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Kamis (07/12/2023) kemarin. Kepala Pusat Studi Gender dan Anak Dr. Nashriyah, MA,p beserta jajarannya ikut serta mengikuti sosialisasi kepada anak-anak di UPTD Rumoh Sejahtera.

Sosialisasi ini disambut baik oleh Syarifuddin, M.Sos, M.Si selaku bagian Kepala Seksi Pengasuhan dan Perlindungan UPTD Rumoh Nanggroe dan Karjuniwati, Dosen Fakultas Psikologi sebagai narasumber yang memberikan materi.

Staff Magang Pusat Studi Gender dan Anak UIN Ar-Raniry Melaporkan dari UPTD Rumoh Sejahtera Banda Aceh, Mutmainnah, S.Sos, kepada media ini mengatakan adapun maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah tidak lain untuk mendukung penuh nilai semangat belajar kepada anak-anak di UPTD Rumoh Sejahtera yang sudah tidak memiliki orang tua, anak terlantar dan anak jalanan.

"Sejatinya mereka sangat membutuhkan dukungan kepada kita yang senantiasa menjadi motivasinya. Senyum semringah anak-anak menyambut kedatangan PSGA menambah rasa syukur kita bahwa masih ada orang-orang yang membutuhkan kasih sayang dan dukungan dari kita," jelasnya. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Kegiatan ini juga melakukan sesi tanya jawab kepada anak-anak mengenai seputar menjadi orang yang sukses agar berguna untuk  orang tua, nusa dan bangsa. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga membuat ice breaking yang dipandu oleh Dr. Zubaidah supaya anak-anak menjadi lebih fokus untuk mendengarkan. Materi dilanjutkan dengan bermain game dan memberikan hadiah merchandise dari PSGA sebagai bentuk rasa terimakasih dan juga dukungan kepada anak-anak UPTD Rumoh Sejahtera.

Dalam hukum Islam, hak anak terhadap pengasuhan orang tua, baik itu orang tua asli maupun orang tua asuh, sangat berkaitan dengan hak yang dimiliki. Allah SWT berfirman “Dan serahkanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah dewasa) itu harta mereka dan janganlah kalian menukar yang baik dengan yang buruk, dan janganlah kamu memakan harta mereka bersama harta kalian karena sesungguhnya (tindakan menukar dan memakan) itu adalah dosa besar” (QS An-Nisaa’ 4:2). 

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa mengusap kepala anak yatim yang tidak sempat diusap kecuali oleh Allah, maka dia akan mendapatkan kebaikan pada setiap helai rambut yang diusapnya. Dan barang siapa berbuat baik kepada anak yatim laki-laki ataupun perempuan yang berada di bawah asuhan mereka, maka aku dan dia akan seperti ini kelak di surga”. (beliau memberikan isyarat dengan dua jari telunjuknya dan jari tengah).

Syarifuddin, M.Sos. M.Si selaku bagian Kepala Seksi Pengasuhan dan Perlindungan UPTD Rumoh Nanggroe sangat berterimakasih karena sudah melakukan sosialisasi kepada anak-anak. UPTD Rumoh Sejatera Aneuk Nanggroe menampung anak-anak yang tidak memiliki orang tua, anak yang terlantar dan anak jalanan.

"Harapannya semoga sosialisasi ini mampu memberikan motivasi anak-anak untuk tetap semangat belajar dan tidak berputus asa dan terus memberikan dukungan," ungkapnya. 

Sementara Kepala PSGA Nahsriyah berharap anak-anak UPTD Rumoh Sejahtera terus berusaha untuk mengapai apa yang dicita-citakan tidak pantang menyerah dengan badai yang datang.

"Meskipun tidak ada orang tua atau keluarga inti namun percayalah masih ada orang tua asuh UPTD Rumoh Sejahtera yang akan selalu mendukung penuh. Dan nanti juga nanti akan menjadi pribadi yang lebih bijak bagi orang tua, nusa dan bangsa," tutupnya.[*/Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini