-->








Polri Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Material Longsor

28 April, 2024, 22.30 WIB Last Updated 2024-04-29T00:06:32Z
LINTAS ATJEH  |  ACEH SELATAN - Kapolsek Tapaktuan Ipda Zulfikar, S.H dan  Personilnya beserta Danramil dan Camat Tapaktuan  berkolaborasi dengan   petugas BPBD,warga Desa Panton Luas bergotong royong membersihkan material longsor yang terjadi akibat  hujan beberapa hari terakhir di perbukitan jalan Lhok Bengkuang menuju Gampong Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (28/04/2024).

Anggota TNI-Polri  bersama warga yang dibantu petugas dari BPBD dengan menggunakan peralatan seadanya  membersihkan material longsor termasuk pohon kayu yang menutupi ruas jalan akses lalulintas warga.

Longsor yang terjadi ini setidak nya mengakibatkan terhambatnya  terhadap mobilitas masyarakat setempat. Dalam respons cepat, personil Kepolisian  setempat  turun tangan berkolaborasi dengan elemen masyarakat lainnya bergotong royong membersihkan material longsoran sehingga akses jalan bisa normal kembali untuk dilalui baik orang maupun kendaraan.

"Dalam situasi darurat seperti ini, kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat sangat penting. Bersama-sama, kami berupaya mengembalikan aksesibilitas yang terganggu akibat longsor," ungkap Zulfikar. 

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM

Dengan menggunakan cangkul, sekop, dan mesin pemotong, semua secara bergotong royong  membersihkan material yang menutupi ruas jalan. Meskipun menggunakan peralatan seadanya dan terbatas, semangat gotong royong yang tinggi memungkinkan proses pembersihan berjalan lancar.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat Gampong/Desa Pantonluas yang turut serta dalam aksi bersih-bersih ini. Semangat gotong royong ini adalah contoh nyata kebersamaan dalam mengatasi musibah alam," kata Kapolsek Tapaktuan. 

Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Mughi  Prasetyo Habrianto melalui Kasi Humas AKP Adam Sugiarto mengapreasi atas inisiatif kegiatan sosial yang dilakukan Polsek Tapaktuan.

"Aksi kegiatan sosial bergotong royong membersihkan material longsor ini merupakan salah satu bentuk nyata dari kepedulian Polri terhadap kepentingan dan keselamatan masyarakat. Diharapkan, dengan kolaborasi antara TNI-Polri dan elemen masyarakat, akses jalan menuju Pantonluas dapat segera pulih dan kembali normal," ungkap Adam.

Sementara itu perwakilan  warga Gampong Panton Luas juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan kerjasama yang baik dari pihak kepolisian dan instansi lainnya. 

"Mereka berharap agar semangat gotong royong ini dapat terus terjaga dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban bersama," ungkapnya. 

Kegiatan sosial membersihkan material longsor ini menjadi contoh positif tentang pentingnya kerjasama antara instansi terkait dan masyarakat dalam menghadapi bencana alam dan mengatasi dampaknya.[DTK]
Komentar

Tampilkan

Terkini