-->








Ekonomi Politik: Peran Pasar bagi Perekonomian Indonesia

10 Mei, 2024, 12.40 WIB Last Updated 2024-05-10T05:40:49Z
PASAR sering diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Dalam kehidupan ekonomi, pasar memiliki peranan yang sangat vital. Barang yang dijual di pasar sangatlah beragam. Mulai dari barang yang memiliki bentuk nyata hingga barang abstrak. Contohnya transaksi tawar menawar kebutuhan sehari-hari dan transaksi jual beli saham. Pasar memiliki banyak peran dalam aktivitas atau kehidupan ekonomi masyarakat.

Adanya pasar membuat banyak orang memiliki pekerjaan atau mendapat penghasilan. Misalnya petani yang menjual hasil taninya ke pasar atau orang yang bekerja sebagai pedagang di pasar. Selain itu, pasar juga berperan besar dalam perekonomian Indonesia. Apa sajakah peran pasar bagi perekonomian-Indonesia?

Peran pasar bagi perekonomian mengutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), peran pasar dalam perekonomian bisa dibagi menjadi empat, yaitu:

Peran pasar bagi produsen

Pasar memiliki peran penting untuk menyalurkan barang yang diproduksi produsen. Pasar juga menjadi tempat pembentuk harga, seperti harga keseimbangan pasar. Selain itu, pasar menjadi sarana bagi produsen untuk mengenalkan produknya.

Peran pasar bagi distributor

Pasar juga berperan penting untuk para distributor. Karena adanya pasar bisa memperlancar proses penyaluran barang atau jasa. Pasar juga membantu distributor untuk mengetahui bagaimana cara menyalurkan barang atau jasa secara lebih efisien.

Peran pasar bagi konsumen

Bagi konsumen, pasar sangatlah penting. Karena dengan adanya pasar, konsumen bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Pasar juga membantu konsumen dalam membandingkan harga, kualitas serta barang yang dibutuhkan.

Peran pasar bagi pemerintah

Bagi pemerintah, pasar menyandang peranan yang sangat penting. Pasar merupakan penggerak roda perekonomian suatu negara. Pasar ada untuk melindungi konsumen dan produsen, khususnya dalam penetapan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET). Adanya pasar juga membantu pemerintah dalam menetapkan harga dasar untuk melindungi produsen. Selain itu, pasar juga menjadi sarana bagi pemerintah untuk mengatur peredaran barang dan menyejahterakan masyarakat.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA LINTASATJEH.COM 

Berdasarkan penjelasan di atas, pasar memang memiliki peranan yang sangat penting, khususnya dalam perekonomian Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, sebagai berikut:

1. Menambah pendapatan negara Transaksi jual beli di pasar bisa meningkatkan pendapatan negara lewat pajak dan retribusi. 

2. Sumber lapangan pekerjaan Pasar membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Misalnya dengan menjual barang produksi atau bekerja sebagai pedagang.

3. Memenuhi kebutuhan hidup Masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari ketika mereka berbelanja di pasar. Sehingga kebutuhan pangan atau lainnya bisa terpenuhi.

4. Tempat promosi produk Bagi produsen, pasar bisa menjadi sarana promosi produk mereka. Agar masyarakat lebih mengenal dan membeli produknya. Penentuan harga Pasar menjadi tempat penentuan harga. Misalnya HET dan harga jual, sehingga bisa melindungi pihak konsumen dan produsen. 
Penulis: Mona Inayati (Mahasiswi Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala/2210103010027)
Komentar

Tampilkan

Terkini