Danrem TU: Latihan Posko Kodim Aceh Selatan Lebih Baik!

ACEH SELATAN - Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE, MM, mengunjungi Kodim 0107/Aceh Selatan, dalam rangka pelaksanaan latihan posko-I  Wira Bhakti-II Tahun 2017 di jajaran Korem 012/TU, Selasa (23/05/2017).

Kunjungan Danrem 012/TU di Makodim Aceh Selatan, Tapaktuan, pada hari ke-2 pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam  merupakan bentuk tugas dan tanggung jawab selaku Komandan Latihan (Danlat) posko-I Kodim 0107/Aceh Selatan Wira Bhakti-II tahun 2017.

Pada kunjungan yang berlangsung selama 1 jam 45 menit tersebut, Danrem selaku Danlat menyempatkan mendengar paparan rencana operasi yang disajikan oleh Dandim 0107/Asel Letkol Inf Hary Mulyanto, Pasi Intel Kapten Inf Edy Mulyo Pudjiono dan Pasi Ops Kapten Inf Ervan Tristianto kepada Bupati Aceh Selatan yang diwakili Sekda Kabupaten Aceh Selatan H. Nasjudin, SH, MM, yang digambarkan dalam sebuah maket potensi bencana alam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Seusai paparan rencana operasi, Danrem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, SE, MM, memberikan masukan dan tanggapan kepada seluruh peserta latihan bahwa kegiatan latihan ini tidak hanya untuk TNI, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana alam.

"Saya sampaikan masukan kepada pemda, produk yang sudah dibuat ini bisa dijadikan panduan jika suatu saat terjadi bencana alam. Tugas dan fungsinya sudah diatur, bupati bisa menunjuk siapa saja untuk menjadi Insident Commander (IC)," jelas Danrem.

Lebih lanjut, Danrem menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0107/Aceh Selatan, dalam pelaksanaan bisa menunjukkan keseriusan, Kodim Aceh Selatan lebih baik dibandingkan Kodim lain yang sudah melaksanakan latihan posko.

"Saya lihat semua yang terlibat dalam penanggulangan bencana alam bisa dihadirkan, disini ada Kepolisian, BPBD, SAR, RAPI, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan bahkan termasuk Sekda," tutup Danrem.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Aceh Selatan H. Nasjudin, SH, MM, menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas inisiatif TNI dalam menyelenggarakan operasi tanggap darurat  bencana alam, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua dalam menghadapi situasi saat ini yang rentan terjadinya bencana alam banjir.

"Kepada seluruh instansi terkait agar memberikan kontribusi dan lakukan kerja sama dengan Kodim 0107/Aceh Selatan," tegasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini akan kita sampaikan ke bupati untuk dipedomani sekaligus menjadi acuan pemda dalam menangani setiap bencana alam di Kabupaten Aceh Selatan.

Di akhir kegiatan, Danrem menyampaikan bahwa pada hari ke tiga, tahap latihan akan diaplikasikan sesuai dinamika di lapangan, siapa berbuat apa artinya setiap staf/bagian/instansi sudah harus tahu apa yang harus dilakukan.

Hadir dalam acara tersebut Sekdakab Aceh Selatan H. Nasjudin, SH, MM, Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Dandim 0110/ Abdya letkol Inf Fuji Hartono, Dandim 0105/Abar Letkol inf Heri Sukma Priyana, Danyonif 115/ML Letkol Inf M. Ridha, Kasi Ops Rem 012/TU Letkol Inf Bambang, Kabid Darurat, Logistik dan Peralatan BPBD Ir. H. M.Suriadi, Tim SAR, Dinas Sosial, PMI, Kesbangpollinmas, Dinas Kesehatan, Rapi dan dinas terkait lainnya.[Red]

Baca Juga