Kodim Aceh Selatan Bekali PBB dan Outbound Untuk 60 Siswa Unggulan

ACEH SELATAN - Berdasarkan surat telegram Danrem 012/Teuku Umar tanggal 12 Juni 2017, Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Outbound kepada 60 siswa-siswi unggulan, bertempat di halaman SMA Unggul Tapaktuan, Rabu (12/07/2017).

Kegiatan diawali dengan latihan baris berbaris (PBB), kemudian dilanjutkan permainan outbound yang dipimpin oleh Bati Komsos Kodim 0107/Asel Sertu Azrun Daulay dan dibantu oleh anggota lainnya sebagai instruktur dan peraga.

Penerapan PBB dan permainan outbound dalam rangka melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan nasional bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan menerapkan pemahaman ideologi nasional yang Pancasilais sehingga dapat menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dalam bentuk tindakan nyata.

Sertu Azrun Daulay menyampaikan bahwa perlu mengetahui bentuk permainan yang sesuai untuk diterapkan dalam permainan outbound sehingga dapat tercermin rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada siswa-siswi SMA.

"Materi PBB dan outbond untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, memupuk kebersamaan sebagaimana yang tertuang dalam butiran Pancasila. Selain itu, kegiatan outbound sendiri bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung dan memotivasi dalam sebuah kelompok serta memupuk jiwa korsa," jelasnya.

Dijelaskan pula, materi outbound yang diterapkan kepada siswa-siswi SMA Unggul adalah bola tali, water estafet, tongkat estafet, permadani terbang, holahop dan bulldozer.


"Terlihat, puluhan siswa-siswi begitu antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan, mereka mengikuti kegiatan dengan fun," tutup Sertu Daulay.[Red]

Baca Juga