Asisten III Pemkab Asel Resmi Membuka Sosialisasi TP4D Dana Desa

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan yang diwakili Asisten III Said Azhar membuka secara resmi sosialisasi tugas dan fungsi serta mekanisme Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) kepada perangkat gampong (keuchik).

Kegiatan diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Aceh Selatan bekerjasama dengan Dinas BPM Aceh Selatan di Rumoh Agam Tapaktuan, Aceh Selatan, Kamis. (24/08/2017)

Dalam sambutan Bupati Aceh Selatan yang dibacakan oleh Asisten III Said Azhar mengatakan maksud dan tujuan pemerintah pusat melakukan sosialisasi ini adalah agar pemerintah tidak diselimuti rasa kekhawatiran dan keengganan dalam menjalankan program pembangunan demi terciptanya penyerapan anggaran dan tidak takut berhadapan dengan masalah hukum.

"Kepada seluruh stakeholder agar berani mengambil terobosan positif membangkitkan semangat kerja dan selalu dapat memberikan inspirasi kontribusi yang terukur dan terarah akan dapat menggerakkan roda pembangunan dan membangkitkan ekonomi masyarakat menjadi semakin bertambah," katanya.

Selain itu, pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pencegahan tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan pemerintah. Seluruh PNS yang melaksanakan pekerjaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat akan lebih mantap dan penuh semangat dalam bekerja, dan di hari-hari kedepan lebih gairah serta masyarakat dapat manfaatnya.

"Kami beharap para pimpinan SKPD untuk memanfaatkan keberadaan TP4D dalam melaksanakan tugas sehingga tidak terpeleset dan tersandung masalah hukum. Jadikanlah TP4D sebagai wadah untuk tempat komunikasi, konsultasi-konsultasi dan mengadu dalam melaksanakan tugas," ungkapnya.

Dijelaskannya, TP4D terbentuk dilatarbelakangi adanya kekhawatiran aparatur sipil negara (ASN) karena banyaknya yang terkena masalah hukum yang seolah-olah mengganggu kinerja ASN. Adapun tugas utama TP4D mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif baik ditingkat pusat ataupun daerah.

"Kepada para peserta sosialisasi untuk mengikuti dengan seksama agar dapat memahami urgensi dari program ini serta kedepan dapat diimplementasikan di dalam tugas yang saudara emban," harap Said Azhar.[FA]

Baca Juga