Kodim 0115/Simeulue Gelar Donor Darah Sambut Hari Juang Kartika

SIMEULUE - Kodim 0115/Simeulue bekerjasama dengan PMI Kabupaten Simeulue mengadakan kegiatan donor darah dalam Rangka memperingati HJK (Hari Juang Kartika) Tahun 2017.

Kegiatan donor darah ini dipusatkan di Ruang Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kabupaten Simeulue, Desa Amiria Bahagia, Kecamatan Simtim dipimpin oleh Kasdim 0115/Simeulue Mayor Inf Renaldi dan dihadiri oleh seluruh personel jajaran Kodim 0115/Simeulue,  Rabu (22/11/2017).

Dalam kegiatan sosial ini, anggota Kodim 0115/Simeulue sangat antusias untuk donor darah. Hal ini terlihat dan terbukti dari banyaknya para anggota Kodim 0115/Simeulue yang mendaftarkan diri di petugas PMI Kabupaten Simeulue.

Sebelum para anggota mendonorkan darahnya, para personel Kodim 0115/Simeulue terlebih dahulu ditensi terlebih dahulu sebelum diambil darahnya. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah oleh petugas PMI.

Kasdim 0115/Simeulue Mayor Inf Renaldi mengatakan kegiatan ini untuk mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat dan instansi lainnya. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan kontribusi dan membantu mereka yang membutuhkan darah pada saat emergency datang. Ia berharap instansi lain juga bisa berkontribusi terhadap visi kemanusiaan.

"Mudah-mudahan donor darah yang dilakukan oleh Kodim 0115/Simeulue ini bisa memotivasi instansi yang lain untuk mengikuti kegiatan yang serupa dan juga dapat menggugah rasa sosial kemanusiaan masyarakat untuk peduli terhadap sesama," ujar Kasdim.

Di tempat yang sama, Kepala UTD PMI Kabupaten Simeulue mengatakan bahwa manfaat donor darah bukan hanya pada penerima donor darah saja, tetapi pendonor juga memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh.

"Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama jika mendonorkan darah secara rutin dan berkala," sebutnya.

Sedangkan manfaat donor darah bagi kesehatan, kata dia, antara lain untuk menurunkan berat badan, melindungi jantung, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, meningkatkan kesehatan psikologis dan memperbarui sel darah baru.

"Selain itu untuk mencegah resiko terkena penyakit langka, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah dan pikiran menjadi lebih stabil," terangnya.[*]

Baca Juga