Panwaslu Kota Langsa Lantik Panwascam

LANGSA - Panwaslu Kota Langsa melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kota Langsa pada pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden/Wakil Presiden tahun 2019 di Aula Hotel Kartika, Jalan A Yani, Kota Langsa, Kamis (30/11/2017).

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, SE, Kasdim 0104/Aceh Timur Mayor Luthfi Hadi, SH, Kabag Sumda Polres Langsa Kompol H. Kasnap, SE, Ketua Ketua Panwaslu Kota Langsa M. Khairi, M. Pem.I, anggota DPRK dari Partai NasDem Syamsuri, A.Mk, Kakesbangpol Kota Langsa Agussalim, SH.MH, para Danramil dan Kapolsek Wilayah Kota Langsa, anggota Komisioner Panwaslu Riswandar, SE. 

M. Khairi, M. Pem.I dalam sambutannya menyampaikan pembentukan Panwaslu Kecamatan merupakan bagian dari kewenangan yang diatur dalam pasal 103 undang undang no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan dalam proses rekrutmen panwascam sampai dengan penetapan tentunya Panwaslu Kota Langsa mengedepankan pertimbangan kemudahan (simplicity), kecepatan proses, kehati-hatian, transparansi, dan akuntabibilitas sesuai dengan amanah Bawaslu Republik Indonesia.

"Sejalan dengan tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang sudah berjalan. Maka, Panwaslu kota Langsa menyegerakan pembentukan Panwascam agar proses tahapan pemilu benar-benar mendapatkan pengawasan secara melekat pada setiap tingkatan guna memastikan penyelengaraan pemilu berjalan sesuai dengan aturan," tegasnya. 

Lebih lanjut Khairi mengatakan, pengawasan Pemilu akan menitik beratkan pada aspek aspek preventif, berupa pencegahan pelanggaran pemilu yang dimungkinkan akan terjadi pada setiap tahapan pemilu yang sudah mulai berjalan dan dalam menjalankan tugas dan fungsinya kedepan  Lembaga Panwaslu Kota Langsa dan Jajarannya tentu tidak akan mampu dijalankan oleh lembaga ini sendiri namun  membutuhkan dukungan Pemerintah dan Stock Holder yang ada dalam setiap tingkatan, Karna Proses penyelenggaraan Pemilu dalam mewujudkan tatanan. 

"Demokrasi di Indonesia menjadi tanggung jawab semua warga Negara Indonesia yang diatur dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara adalah putra-putri terbaik Kota Langsa yang telah menjadi keluarga besar lembaga Panwaslu Kota Langsa," ujarnya.

"Maka, jalankanlah tugas dan tanggungjawab ini dengan penuh kesungguhan dan tetap menjaga independensi, integritas dan moral yang baik sebagai penyelengara pemilu," harap Khairi.

"Dukungan Walikota Langsa, Kapolres Langsa, Dandim 0104, DPR Kota Langsa dan Lembaga lembaga lainya, serta semua pihak merupakan modal sukses dan keberhasilan pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 mendatang khususnya di Kota," tundasnya.

Sementara itu, Walikota Langsa Usman Abdullah, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota Panwascam yang telah dilantik pada hari ini. 

"Dalam proses demokrasi ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat yang selama ini sering terjadi Konfik yang tidak kita inginkan," kata Walikota Langsa yang biasa disapa Toke Suum.

Toke Suum berharap agar Panwascam yang baru saja dilantik ini dapat mencegah dan menindak jika ada kecurangan dalam Pemilu mendatang seperti, Money Politik dan lainnya. 

"Kalau memilih, pilihlah yang memeng benar-benar memperhatikan masyarakat dan carilah pemimpin yang berwibawa serta terbaik. Jangan cari pemimpin karena di bayar," harapnya.

"Carilah orang-orang yang berkualitas jujur dan adil jangan salah untuk memilih, dan saya mengharapkan kepada Panwaslu Kota Langsa untuk bekerja yang jujur. Itu pun bukan tugas Panwaslu saja tapi itu tugas kita semua yang hadir pada hari ini serta berikanlah politik yang benar kepada masyarakat kita," pungkasnya.

Adapun nama-nama yang di Lantik sesuai SK No.035/KAC. 21/ SK/HK/01.01.00/2017 tentang penetapan anggota Panitia Panwaslu Kecamatan se-Kota Langsa diantaranya, untuk Kecamatan Langsa Kota, Nevin Ziaulhaq, Syarifah Maisyura, S.Pd, Reza Arizqi, SHi. Untuk Kecamatan Langsa Barat, Muhammad Rizal, Muhammad Reza, S.Sos.i, Heri Fitriadi. Untuk Kecamatan Langsa Timur, Hamdan, S.Sos.i,  S.Ag, Azhar, HS, Budi Yardi. Kecamatan Langsa Baro, Safrul, SE, Zarkasyi Zakaria, SE, Siti Maryam. Kecamatan Langsa Lama, Mufti Ryansyah, Al Misbah, SE, dan M. Syafrizal, S.Sos.i.[Sm]

Baca Juga