LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pasiter Kodim 0101/BS Tinjau Dua Ratus Hektar Lahan Jagung

ACEH BESAR - Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0101/BS Mayor Inf Issukandar, S.Ag melaksanakan peninjauan Dua ratus hektar lahan jagung, bertempat di Desa Siron Blang, Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (25/01/2018).
 
Pada kesempatan itu, Pasiter Kodim 0101/BS Mayor Inf Issukandar mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembah Seulawah Agam Iksan, rencananya pengerjaan penggarapan lahan jagung ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama seluas lima ratus hektar di Desa Siron dan lima ribu hektar di Kecamatan Jantho.
 
"Pada tahap pertama, dua ratus hektar telah digarap dan harus selesai di bulan Februari ini. Sementara, tahap kedua setelah tahap pertama selesai," kata Pasiter.
 
Pasiter menambahkan, diketahui penggarapan ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Pusat dan juga dari pihak LSM Lembah Seulawah Agam.
 
"Pengerjaan ini juga mendatangkan Team Teknis dari Jombang, Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh Saudara Jafari dengan didukung mesin traktor sebanyak tiga unit dan mesin penanam jagung sebanyak dua unit," imbuh Pasiter.
 
Sementara itu, dari laporan Ketua LSM Lembah Seulawah Agam, kendala yang dihadapi dalam pengerjaan ini yaitu sumber air yang berada bawah lahan yang akan ditanami jagung tersebut dan juga ketersediaan pupuk yang terbatas.
 
"Mengatasi hal itu, pihak LSM rencananya akan membuat tempat penampungan air yakni embung untuk memasok air ke lahan jagung. Kemudian untuk pupuk akan segera diajukan ke pihak Kementan RI," tambah Pasiter.[0101/BS]

Baca Juga