LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Batu Gajah Pengaman Pantai Jelbab Hancur Dihantam Gelombang Pasang

ABDYA - Gelombang pasang yang terjadi sejak sepekan terakhir di kawasan Wisata Pantai Jelbab, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengakibatkan rusaknya pemecah ombak yang terbuat dari batu gajah.

"Gelombang tinggi terjadi sudah sepekan tetapi baru hari ini batu pemecah ombak rusak," sebut Keuchik Gampong Kedai Susoh, Sabri kepada LintasAtjeh.com, Kamis (26/07/2018), di lokasi kejadian.

Menurut Sabri, beberapa hari ke belakang memang terjadi angin dan gelombang pasang tetapi tidak merusak pengaman pantai yang dibuat dengan batu gajah. Namun, hari ini batu gajah yang terbuat kokoh sudah rusak sepanjang 50 meter lebih.

Lanjut Sabri lagi, gelombang pasang dan angin kencang memang setiap tahunnya terjadi. Puluhan pondok serta lokasi wisata pesisir pantai daerah itu ikut rusak yang mengakibatkan kerugian yang diperkirakan puluhan juta rupiah.

"Kami atas nama masyarakat gampong yang berada di sepanjang pesisir pantai berharap perhatian pemerintah daerah untuk membangun pemecah ombak supaya kawasan wisata bisa terjaga," demikian pinta Sabri.

Sementara itu ditemui LintasAtjeh.com dilokasi kejadian, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Daerah setempat, Muhammad Samin menyebutkan, setelah menerima laporan dari warga setempat, tadi pagi pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Wakil Bupati Abdya sekaligus meninjau lokasi kejadian.

"Di beberapa titik kawasan pesisir pantai terutama lokasi wisata Pantai Jelbab dan Pantai Bali, gelombang pasang sempat naik ke kendaraan," jelasnya.

"Saya berharap masyarakat desa setempat dan yang ingin menikmati wisata bahari agar mewaspadai gelombang pasang dan angin kencang yang tiba-tiba terjadi," tandas M. Samin.[Adi S]

Baca Juga