LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Robert Temukan Pengerjaan Proyek Asal Jadi di Langsa

LANGSA - Anggota DPRK dari Partai Aceh, Syamsul Bahri, SH sangat kecewa saat melihat dan mengecek langsung pengerjaan proyek peningkatan saluran irigasi dengan nomor kontrak 01/SPK/KPA-KL/PG-DAK/V/2018 yang berada di Desa Meurandeh Tengah, Kecamatan Langsa Lama.

Pasalnya proyek peningkatan saluran irigasi D.I Meurandeh saluran primer/jaringan (saluran dan bangunan pelengkap) dengan nilai kontak sebesar Rp 2.547.000.000 itu dikerjakan tidak sesuai spesifikasi dan gambar tehnik.

"Padahal saya sudah mengingatkan pihak Dinas PU Bidang Pengairan, Konsultan Pengawas dan Kontraktor beberapa hari lalu untuk melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan RAB. Namun setelah saya check kembali ke lokasi, pelaksanaannya tidak seperti yang diharapkan," ujar Syamsul Bahri yang akrab disapa Robert kepada LintasAtjeh.com, Minggu (08/07/2018).

Ia menjelaskan bahwa pihak rekanan dalam mengerjakan pondasi saluran yang semestinya berukuran tebal 70 cm, namun dikerjakan sekitar 30 cm.

"Kemudian, pembesian yang dikerjakan juga tidak sesuai dengan gambar tehnik," jelas Robert yang dikenal paling peduli dalam pembangunan untuk masyarakat itu.

Menurutnya, proyek bersumber dana dari DAK penugasan Bidang Irigasi yang dilaksanakan PT Langsa Indah Lestari itu harus benar-benar diawasi. Karena itu, fungsi dari pihak konsultan pengawas dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pengairan Dinas PU harus mengambil sikap tegas agar pelaksana proyek tersebut dapat bekerja dengan baik. 


"Fungsi pengawasan dari Dinas PU Bidang Pengairan dan Konsultan Pengawas dalam melaksanakan tugasnya ini juga harus bertanggung jawab. Sehingga pihak rakanan bisa melaksanakan pengerjaan tersebut tidak sesuka hati," tegas Robert.

"Semestinya proyek tersebut dapat dikerjakan dengan baik agar hasilnya dapat dimanfaatkan masyarakat. Bagaimana Kalau pengerjaannya begitu?" tambahnya dengan nada kesal.

Sementara itu, Ali Hanafiah yang merupakan PPTK Bidang Pengairan Dinas PU Kota Langsa saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com melalui pesan Whatsapp tidak menjawab.

Hingga berita ini ditayangkan, LintasAtjeh.com belum dapat menemui pihak PT. Langsa Indah Lestari yang merupakan pelaksana proyek tersebut.[Sm]

Baca Juga